Breaking News:

MotoGP Mandalika

Jokowi Larang Unboxing Motor Pembalap MotoGP

Ini adalah kali pertama Nusa Tenggara Barat menjadi tuan rumah gelaran balap motor internasional tersebut.

Editor: Alfons Nedabang
TRIBUNNEWS/ABDUL MAJID
Sirkuit Mandalika 

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Sirkuit Internasional Mandalika akan menjadi arena balapan MotoGP pada 18-20 Maret mendatang. Ini adalah kali pertama Nusa Tenggara Barat menjadi tuan rumah gelaran balap motor internasional tersebut.

Menyambut penyelenggaran ajang balapan tingkat dunia itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta tidak ada lagi kasus sembarangan membuka atau unboxing motor pembalap pada MotoGP Mandalika 2022 di Sirkuit Mandalika.

Larangan itu disampaikan Jokowi karena tidak ingin keributan pada World Superbike (WSBK) Mandalika tahun lalu terulang.

Baca juga: Jokowi Geber Motor Modifikasi, Tinjau Persiapan MotoGP Mandalika

Jokowi tidak mau isu-isu negatif dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika. Dia berkata isu-isu tersebut berpotensi menimbulkan kesan negatif dunia internasional kepada Indonesia.

"Jangan sampai isu-isu kecil di Superbike ada kesalahan dalam membongkar logistik tanpa seizin tim sehingga jadi suaranya jadi ke arah yang negatif," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas virtual di Lombok Tengah, Kamis 13 Januari 2022.

Mantan Wali Kota Solo itu berpesan agar fasilitas di Sirkuit Mandalika, seperti royal box dan paddock benar-benr siap untuk MotoGP Indonesia. Kemudian, ia juga ingin tribune penonton bisa digunakan pada waktunya.

Baca juga: Tiga Kategori Tiket MotoGP Mandalika, Termurah Rp 115 Ribu

Selain itu Jokowi juga mewanti-wanti soal sistem drainase di lintasan balap. Jokowi melihat masih ada masalah drainase pada penyelenggaraan WSBK Mandalika 2021. "Jangan nanti ada alasan curah hujan ekstrem, enggak siap sistem drainase kita," tuturnya.

Jokowi pun menyoroti persiapan Bandara Internasional Lombok untuk menyambut pembalap, ofisial, dan penonton. Dia mengingatkan soal protokol kesehatan dalam menyambut para tamu.

"Pastikan betul-betul penerimaan kita tidak ruwet, semua bisa serbacepat, tetapi kepastian harus aman dari Covid," ucap Jokowi.

Baca juga: Tiket Premiere Class MotoGP Mandalika Rp 15 Juta, Ini Fasilitas yang Dinikmati Penonton

Sebelumnya pada November 2021 Sirkuit Mandalika dipakai sebagai arena World Superbike. Sirkuit itu menjadi tuan rumah balapan terakhir WSBK musim lalu. Pada ajang WSBK Mandalika itu para penggemar balap sempat dihebohkan oleh video 'unboxing' peti kargo milik Aruba.it Racing Ducati yang berisi motor Panigale V4R milik Michael Ruben Rinaldi. Video dan foto-foto yang beredar di media sosial itu membuat warganet kesal.

Direktur Sport Ducati Corse Paolo Ciabatti sempat diklaim menyebut kejadian itu sebagai kemunduran dalam dunia balapan motor. Meski belakangan Ducati Corse menegaskan bahwa mereka, termasuk sang Sporting Director Paolo Ciabatti tak pernah mengeluarkan pernyataan apa pun soal peristiwa itu. (tribun network/yud/dod)

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved