Breaking News:

Baptisan Sebagai Tanda Solidaritas

Baptisan Yesus dapat dipandang sebagai sebagai sikap solidaritas Yesus terhadap manusia berdosa. Yesus yang tidak berdosa bersedia dibaptis

Editor: Eflin Rote
POS KUPANG.COM/HO-DOKUMENTASI PRIBADI
Kebaktian Emeritasi Pdt. Yacobus Tuan, Minggu 9 Januari 2022 di Jemaat GMIT Efata Putain, KlasisAmanatun Utara, dengan Ketua Klasisnya Pdt.Ivonne Betty-S.Th. 

POS-KUPANG.COM - Hari ini kita bersama-sama menyaksikan prosesi dan ibadah emeritasi Pdt. Yacobus Tuan. Pdt Tuan telah melewati suka dan duka pelayanannya sebagai pendeta GMIT. Pdt. Yacobus Tuan hari akan memasuki pensiun dan mengakhiri tanggungjawab pelayanannya sesuai peraturan GMIT.

Hari ini pendeta Tuan akan pensiun sebagai karyawan organik dan memulai masa sebagai pendeta emeritus GMIT.

Namun pendeta Tuan tidak pensiun dalam melayani Tuhan dalam berbagai bentuk pelayanan lainnya. Karena panggilan untuk terus melayani Tuhan itu melekat dalam hidup seorang pendeta sampai dia meninggal.

Dan juga Ibadah Emeritasi ini dipandang sebagai perayaan kesetiaan seorang pendeta dalam melayani Tuhan, karena Tuhan Yesus memelihara pelayanan hamba-Nya. Untuk itu akan relevan bagi pendeta Tuan dan kita semua yang hadir pada saat ini belajar dari teks yang ditetapkan oleh MS GMIT ini yang berbicara tentang kisah baptisan Yesus oleh Yohanes Pembaptis.

Baptisan Yesus dapat dipandang sebagai sebagai sikap solidaritas Yesus terhadap manusia berdosa. Yesus yang tidak berdosa bersedia dibaptis oleh Yohanes“.

Demikian cuplikan khotbah berdasarkan teks Lukas 3:15-17, 21-22 dari Pdt. Dr. Mesakh A.P. Dethan, M.Th, MA, Dosen Pasca Sarjana Universitas Kristen Artha Wacana Kupang dalam khotbahnya pada Kebaktian Emeritasi Pdt. Yacobus Tuan, Minggu 9 Januari 2022 di Jemaat GMIT Efata Putain,  Klasis Amanatun Utara, dengan Ketua Klasisnya  Pdt. Ivonne Betty-S.Th.

Tampak hadir dalam kebaktian emeritasi ini adalah Sekertaris Majelis Sinode GMIT, Pdt. Yusuf Nakmofa, MTh, Ketua UPP Personil GMIT, Pdt. Dina Dethan-Penpada, MTh, Ketua Klasis Amanaturn Utara Pdt. Ivonne Betty-S.Th, dan para Pendeta dan Vikaris se Klasis Amanatun Utara.

Menurut Mesakh Dethan dalam hubungan dengan kebaktian Emeritasi Pdt.Yakobus Tuan hari ini sekaligus ibadah minggu, kita mau belajar dari Pelayanan Yesus yang dimulai dengan Baptisan oleh Yonaes Pembaptis.

Sesungguhnya Yohanes merasa tidak layak untuk membabptis Yesus, selain karena Yohanes sudah mengetahui bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Allah yang Maha Tinggi, juga dengan membaptis Yesus seolah-olah Yesus adalah manusia berdosa yang datang minta dibaptis untuk keampunan dosanya. Sebelumnya dalam Lukas 3:3 Yohanes telah berkata“ Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu“.

Di ayat 19-21 banyak orang yang salah sangka dengan menyangka bahwa Yohanes adalah Mesias yang dijanjikan oleh Tuhan Allah, namun Yohanes menjelaskan bahwa dia sendiri bukanlah seorang Mesias.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved