Breaking News:

Berita Flores Timur

Komite SMAN 1 Adonara Barat Minta Gubernur Evaluasi Kinerja Kadis Pendidikan NTT

Komite SMAN 1 Adonara Barat Minta Gubernur NTT Evaluasi Kinerja Kadis Pendidikan NTT Linus Lusi

Editor: Kanis Jehola
ISTIMEWA/POS-KUPANG.COM
Surat ketua komite SMPN 1 Adonara Barat untuk Gubernur NTT 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Amar Ola Keda

POS-KUPANG.COM, LARANTUKA-Komite SMAN 1 Adonara Barat, Kabupaten Flores Timur (Flotim) Nusa Tenggara Timur (NTT), Hendrikus Bala Making meminta Gubernur NTT segera mengevaluasi kinerja Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan NTT, Linus Lusi. 

Hal itu disampaikannya terkait pergeseran Yohanes Juang Boli yang selama ini menjabat Kepala SMAN 1 Adonara Barat. Juang Boli kini diganti, Abraham Ola yang sebelumnya menjabat sebagai PLT Kepala Sekolah SMAN 1 Adonara, Desa Kolimasang, Kecamatan Adonara. 

"Kami minta agar Yohanes Juang Boli tetap menjadi Kepala Sekolah SMAN 1 Adonara Barat sampai masa jabatan selesai 2023. Abraham Ola, seharusnya dilantik menjadi kepala sekolah definitif SMAN 1 Adonara supaya tidak tumpang tindih," ujarnya kepada wartawan, Selasa 11 Januari 2021.

Ia mengatakan sesuai Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020 pasal 12 menegaskan Kepala sekolah dapat di perpanjang jabatan hingga tiga periode dan jika berprestasi dapat diperpanjang.

Baca juga: Sekolah di Adonara Barat Terapkan Kurikulum Mulok Budaya Lamaholot dan Wajib Koperasi

"Jabatan Kepala Sekolah SMAN 1 Adonara Barat Yohanes Juang Boli, sesuai SK Gubernur harusnya berakhir tahun 2023 tapi sayangnya Kadis Pendidikan dengan melanggar aturan mengganti di tengah jalan tanpa alasan.
Saya menduga Kadis Pendidikan NTT Linus Lusi Making melakukan nepotisme karena, Abraham Ola, yang diangkat menjadi kepala Sekolah SMAN 1 Adonara Barat masih ada hubungan keluarga di Ile Ape Lembata. Jika demikian maka hancurlah wajah pendidikan di NTT. Sebagai Ketua Komite, saya minta bapak Gubernur NTT mengevaluasi kadis," jelasnya. 

Kadis Pendidikan Provinsi NTT, Linus Lusi, yang dihubungi, Sabtu 8 Januari 2022 mengatakan, Kepala Sekolah definitif SMA Negeri 1 Adonara di desa Kolimasang sedang dalam tahapan pembukaan formasi. Para guru yang memiliki serdik, sertifikat calon Kepala Sekolah, serta memiliki integritas dan rekam jejak yang baik punya peluang yang sama untuk bersaing. 

“Soal Kepsek defenitif ada mekanismenya dan untuk sementara kita tugaskan saudara mantan Kepsek SMA Negeri Adonara Barat, Abraham Ola sebagai Plt. Kepsek hingga penetapan Kepsek definitif,” katanya.

Baca juga: Derita Warga Riangpadu Adonara Barat di Musim Hujan, Bronjong di Kali Waigolo Rusak Parah

Ia mengaku surat Plt telah dikirim ke Korwas untuk ditindak lanjuti. “SMAN 1 Adonara memiliki prestasi dibidang non akademik yang luar biasa, ditandai dengan pementasan teater, penanaman anakan kelapa oleh para siswa dan guru dibawa kordinasi Plt. Kepsek Abraham Ola yang lulus seleksi jadi Kepsek SMAN Adonara Barat. Para siswa di sekolah itu telah tanam 1000 pohon kelapa,” ungkapnya. (*)

Baca Berita Flores Timur Lainnya

 
 

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved