Breaking News:

MotoGP Mandalika

Hotel Berbintang Penuh Jelang MotoGP Mandalika, Tersisa Homestay

Ketua BPD PHRI NTB Ni Ketut Wolini menerangkan, hotel-hotel di NTB sudah siap menyambut wisatawan atau penonton MotoGP.

Editor: Alfons Nedabang
KOMPAS.COM/MOCHAMAD SADHELI
Salah satu sisi Sirkuit Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mencatat kenaikan okupansi atau tingkat hunian hotel bintang 3 hingga bintang 5 jelang balap MotoGP 2022 Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

Ketua BPD PHRI NTB Ni Ketut Wolini menerangkan, hotel-hotel di NTB sudah siap menyambut wisatawan atau penonton MotoGP.

Ia memastikan pelayanan yang diberikan kepada para tamu hotel akan baik. Sejauh ini, PHRI NTB mencatat tingkat keterisian hotel bintang 3 hingga 5 sudah penuh saat gelaran MotoGP 2022. Namun, tingkat keterisian hotel bintang 3 ke bawah, desa-desa wisata, dan homestay masih tersedia.

Baca juga: Tiga Kategori Tiket MotoGP Mandalika, Termurah Rp 115 Ribu

"Sampai sekarang ini hotel-hotel besar sudah over booking. Tapi (hotel) kecil, homestay, masih tersedia. Kalau hotel bintang 3,4,5 sudah penuh," kata Wolini saat dikonfirmasi Tribun, Jumat 7 Januari 2022.

Wolini memaparkan saat gelaran World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika, sejumlah wilayah di Lombok terisi, sebagian lagi tidak. Diketahui saat WSBK sekira 25 ribu tiket terjual. Sedangkan, pada MotoGP 2022 diprediksi akan mengalami peningkatan lebih dari dua kali lipat.

"WSBK kemarin, di Pulau Lombok itu ada 4 Kabupaten, 1 Kota. Yang kemarin WSBK terisi full, Kota Mataram, Lombok Barat dan Lombok Tengah. Lombok Utara sama Lombok Timur belum terisi," kata Wolini.

Baca juga: Penonton MotoGP Mandalika Nginap di Bali, Pemerintah Siapkan Kabin dan Tenda Darurat

Ia berharap saat MotoGP 2022 nanti seluruh penginapan di NTB bisa terisi. Sebab, disebut Wolini, persiapan Moto GP jauh lebih matang. Terutama dari sektor transportasi untuk mengantar para tamu atau penonton MotoGP 2022.

"Kemarin Lombok Utara ada tiga Gili, kemarin kosong. Kalau MotoGP mudah-mudahan. Karena Pemda dan stakeholder menyiapkan lebih matang daripada WSBK dari segi transportasi," tuturnya.

Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat bakal menjadi tuan rumah MotoGP dalam waktu dekat, tepatnya pada 18-20 Maret 2022. Namun, isu akomodasi menjadi satu di antara fokus utama untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan.

Baca juga: Tiket Premiere Class MotoGP Mandalika Rp 15 Juta, Ini Fasilitas yang Dinikmati Penonton

Nyaris Ludes

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved