Breaking News:

Berita Belu

Bupati Belu Apresiasi Kinerja Instansi CIQS di Perbatasan

mengevaluasi  penanganan Covid-19 bagi pelaku perjalanan luar negeri yang masuk melalui PLBN Motaain di masa pandemi. 

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, Sp. PD pimpin rakor bersama satgas penanganan covid-19 dan forkompinda plus di Kantor Bupati Belu, Kamis 6 Januari 2022. 

Laporan Reporter POS KUPANG. COM, Teni Jenahas

POS KUPANG. COM, ATAMBUA--Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, Sp. PD mengapresiasi kinerja instansi Customs, Immigration, Quarantine and Security (CIQS) serta Satgas Pamtas di PLBN Motaain yang telah melaksanakan standar operasional prosedur (SOP) pelayanan bagi pelaku perjalanan internasional dengan baik. 

Berkat kerja sama yang baik, penyebaran kasus COVID-19 di daerah perbatasan pun berhasil dikendalikan. Para pelaku perjalan internasional yang masuk ke Kabupaten Belu-Indonesia dilakukan karantina sehingga saat berada di Indonesia mereka dalam kondisi sehat. 

Bupati menyampaikan hal ini saat memimpin rapat koordinasi dengan Imigrasi Atambua bersama Forkompinda Kabupaten Belu, di Kantor Bupati Belu, Kamis 6 Desember 2022.

Rapat ini dalam rangka membahas sekaligus mengevaluasi  penanganan Covid-19 bagi pelaku perjalanan luar negeri yang masuk melalui PLBN Motaain di masa pandemi. 

Baca juga: Belum Capai 70 Persen Vaksinasi, Bupati Malaka Gelar Rapat Sinkronisasi Data

Kata Bupati Agus Taolin, di lihat dari grafik kasus COVID-19 di Kabupaten Belu, jumlah kasus aktif turun signifikan. Saat ini tercatat hanya satu kasus aktif. Sebagai daerah perbatasan, jumlah kasus yang menurun drastis ini menggambarkan kinerja pemerintah dan seluruh stakeholder berhasil mengendalikan penyebaran Covid-19. Secara khusus kinerja instansi CIQS di PLBN Motaain yang setiap hari melayani pelintas batas negara. 

Dengan penegakan SOP yang baik di pintu batas, rasa kekhawatiran terhadap penyebaran COVID-19 dari pelaku perjalan internasional dapat dibendung. Oleh karena itu, sebagai Bupati, Agus Taolin perlu mengapresiasi kinerja instansi CIQS di PLBN Motaain

"Terima kasih atas kerjasama yang sangat baik antara pihak CIQS dengan Satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Belu dalam melaksanakan kebijakan karantina bagi pelaku perjalanan dari luar negeri", ungkapnya. 

Bupati Belu tetap mengingatkan kepada satgas penanganan covid-19 dan stakeholder terkait agar kewaspadaan harus tetap dijaga untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus khusus. Apalagi adanya varian baru virus Covid-19 yaitu Omicron yang lebih mudah menyebar.

Kepala Kantor Imigrasi Atambua, K. A. Halim menyampaikan kepada Bupati Belu bahwa Imigrasi terus berupaya mencegah penyebaran COVID-19 dengan melaksanakan SOP secara baik bagi pelaku perjalan internasional. 

Menurut Halim, sejauh pengamatan Imigrasi masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu disikapi oleh instansi-instansi terkait agar pelaksanaan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dapat berjalan efektif dan dapat memberikan manfaat yang maksimal kepada masyarakat.

Hadir dalam rakor tersebut Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM, Kepala Kantor Imigrasi K.A. Halim, Dandim Belu Letkol (Inf) Wiji Untoro dan Kapolres Belu, AKBP Yoseph Krisbiyanto, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Belu. (*)

Berita Belu Terkini 
 

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved