Berita Sikka

Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Sumandi : Kapal Roro Pulang Harus Bawa Hasil Bumi ke Surabaya

bawa barang banyak lalu ketika kembali tidak ada diangkut. Ini perlu kerja keras dinas teknis guna melakukan sosialisasi.

Penulis: Aris Ninu | Editor: Rosalina Woso
PK/RIS
-Stefanus Sumandi 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM, MAUMERE--Stefanus Sumandi, Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Sikka meminta Pemkab Sikka melalui dinas teknis harus menggerahkan semua kekuatan guna melakukan sosialisasi kepada warga Sikka dan Flores tentang kehadiran kapal roro.

Pasalnya, kehadiran kapal roro di Pelabuhan Lorens Say Maumere harus ada manfaatnya bagi kemajuan Sikka dan Flores.

Oleh karena itu, kapal roro yang datang lalu tiba di Maumere saat kembali harus membawa hasil bumi dari Sikka ke Jawa.

“Kapal roro yang datang ketika kembali harus membawa hasil bumi yang banyak ke Jawa guna dijual. Artinya ketika kapal datang muatannya banyak pulangnya pun harus sama. Dengan begitu ad manfaat yang dirasakan warga.Jangan datangnya bawa barang banyak lalu ketika kembali tidak ada diangkut. Ini perlu kerja keras dinas teknis guna melakukan sosialisasi. Bila perlu turun ke desa-desa dan sampaikan kalau kapal roro sudah beroperasi di Maumere,” ujar Stefanus atau sering disapa Stef kepada POS-KUPANG.COM di Maumere, Rabu, 5 Januari 2022 siang.

Baca juga: Kasus Korupsi Jadi Atensi, Polres Sikka Tangani Dua Kasus Dugaan Tipikor, Ini Dugaan Kerugian

Stef mengatakan, warga Sikka sudah lama meminta dan merindukan agar kapal roro hadir di Pelabuhan Lorens Say Maumere dalam rangka membantu akses transportasi barang dan penumpang dari Surabaya ke Maumere.

“Sekarang ini, mari kita manfaatkan dan jangan biarkan kehadiran kapal ini tidak berdampak pada warga. Langkah pemerintah menghadirkan kapal roro perlu didukung warga,” papar Stef, anggota DPRD Sikka dari PDI Perjuangan Sikka.

Sebelumnya, kerinduan Warga Kabupaten Sikka guna merindukan kapal roro datang ke Kota Maumere telah diwujudkan pemerintah.

Yang mana penantian panjang warga agar akses transportasi laut Surabaya-Maumere selalu ada dijawabdengan kehadiran KM Dharma Rucitra VII.

Kapal roro ini akan tiba di Maumere dan sandar di Pelabuhan Lorens Say Maumere, Minggu, 9 Januari 2022.

Kehadiran kapal ini akan disambut oleh warga Sikka bersama Bupati Sikka serta Forkompimda Sikka.

Kedatangan kapal barang dan penumpang ini disampaikan KSOP Lorens Say Maumere, Yos Ola kepada POS-KUPANG.COM di Maumere, Rabu, 5 Januari 2022 siang.

Yos menjelaskan, sesuai jadwal yang diperoleh pihaknya kapal roro ini akan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tanggal 7 Januari dan tiba di Maumere tanggal 9 Januari 2022.

“Sesuai jadwal tiba di Maumere tanggal 9 Januari 2022. Kedatangan kapal ini akan disambut pemerintah dan masyarakat. Kami sudah melakukan koordinasi dengan dinas teknis terkait kehadiran kapal ini. Saat tiba di Maumere, kapal sudah membawa barang dan penumpang. Maka itu, kami berharap warga Sikka harus siap dengan kehadiran kapal ini. Mari kita jangan jadi penonton. Manfaatkan kapal ini untuk kemajuan ekonomi. Kalau tidak dimanfaatkan kita yang rugi. Besar harapan kami semua elemen warga Sikka dan Flores tangkap peluang dengan kehadiran kapal ini,” papar Yos.

Ia menegaskan, kerinduan warga dan permintaan semua pihak agar kapal roro ada di Maumere sudah diwujudkan. Saat ini, yang dibutuhkan ada warga bisa membawa hasil bumi ke Surabaya agar kapal ini bisa tetap ada.

“Jadwalnya Januari dua kali ke Maumere. Ke depan bisa tiga kali tergantung kesiapan kita,” paparnya.(*)

Berita Sikka Terkini

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved