Berita Lembata

Pengacara Ama Raya: Lemahnya Perhatian Pemda Lembata Dalam Upaya Perlindungan ODGJ

Pengacara Muda Lembata Rafael Ama Raya meminta pemerintah daerah Kabupaten Lembata fokus terhadap keberadaan ODGJ

Penulis: Ricardus Wawo | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Ricko Wawo
Pengacara Muda Lembata Rafael Ama Raya meminta pemerintah daerah Kabupaten Lembata fokus terhadap keberadaan dan penanganan pengidap disabilitas psikososial atau Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo

POS-KUPANG.COM, LEWOLEBA- Pengacara Muda Lembata Rafael Ama Raya meminta pemerintah daerah Kabupaten Lembata fokus terhadap keberadaan dan penanganan pengidap disabilitas psikososial atau Orang dengan Gangguan Jiwa ( ODGJ).

Ditemui Pos Kupang, Rabu, 5 Januari 2021, Ama Raya berujar perhatian terhadap ODGJ perlu melibatkan semua pihak baik pemerintah daerah serta semua pihak yang peduli dengan ODGJ.

Pengacara muda Lembata ini menerangkan ODGJ tentu sangat membutuhkan kasih sayang dan perhatian semua pihak, baik Pemerintah, swasta dan organisasi lainnya, terutama para keluarga dekat ODGJ.

Namun di sisi lain, keberadaan mereka bisa membahayakan dirinya sendiri atau warga lain sehingga penanganan terhadap ODGJ sangat penting dilakukan.

"Sangat disayangkan Jika ada keluarga yang menempatkan ODGJ sebagai aib, hal Ini berdampak pada perlakuan masyarakat terhadap mereka," tambah Ama Raya.

Pengacara Muda Ini meminta keluarga ODGJ tidak malu apalagi menyembunyikan dan bahkan mengasingkan mereka dari kehidupan normal lainnya.

Menurut Ama Raya, ODGJ bisa pulih dengan cara pengobatan rutin atau pendekatan kemanusiaan yang lebih pada sentuhan hati atau apa yang menjadi kebutuhan mereka secara intens.

Ama Raya mendorong pemerintah kabupaten Lembata terutama Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial untuk segera membuat program prioritas terkait dgn Penanganan terhadap ODGJ.

Butuh program yang baik mulai dari pengobatan, pencegahan sampai kepada pelatihan tenaga medis atau para pendamping mereka.

Keterlibatan semua pihak akan menjadi jalan keluar masalah ODGJ. Sebab, kata dia, ini merupakan masalah bersama. "Kita harapkan Negara juga harus hadir melalui program dengan dukungan anggaran pengobatan untuk penanganan mereka," tutup Ama Raya. (*)

Baca Berita Lembata Lainnya

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved