Breaking News:

Berita NTT

75 Kelompok TKM UM Usulan Melki Laka Lena Terima Total Bantuan Dana Usaha 1, 8 M dari Kemenaker

75 Kelompok Tenaga Kerja Mandiri Pemula Ultra Mikro (TKM UM) dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), usulan dari Wakil Ketua Komisi IX DPR

Editor: Ferry Ndoen
foto: Dok. Golkar/
penyerahan bantuan 

75 Kelompok TKM UM Usulan Melki Laka Lena Terima Total Bantuan Dana Usaha 1, 8 M dari Kemenaker

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM | KUPANG- 75 Kelompok Tenaga Kerja Mandiri Pemula Ultra Mikro (TKM UM) dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), usulan dari Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Mekiades Laka Lena, menerima total bantuan dana usaha 1, 8 M dari Direktorat Bina Perluasan Kesempatan Kerja Ditjen Binapenta dan PKK Kemnaker RI.

75 Kelompok TKM UM ini telah menerima dana usaha melalui pembayaran langsung dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jakarta VII ke rekening kelompok masing – masing dari minggu kedua sampai akhir bulan desember 2021.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Mekiades Laka Lena mengatakan  melalui program kemitraan Binapenta (Tenaga Kerja Mandiri) pada bulan september lalu, 75 kelompok usaha dari NTT diusulkan untuk menerima bantuan program penempatan dan pemberdayaan tenaga kerja melalui kegiatan tenaga mandiri pemula ultra mikro.

“Puji Tuhan, setelah mengikuti pelatihan dari bulan November dan desember, akhirnya 75 kelompok yang tersebar di 22 Kabupaten – Kota se NTT yang kita usulkan bisa menerima dana usaha ini. Jadi total 75 Kelompok menerima dana sebesar 1,8 M. Dengan rincian masing – masing kelompok menerima 24 juta,” jelas Ketua Golkar NTT ini, Jumat, 31 Desember 2021.

Menurut politisi yang akrab disiapa Melki Laka Lena ini, bantuan itu sebagai salah satu upaya pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan mengatasi dampak pandemi Covid-19 terhadap pelaku usaha.

"Program ini merupakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah melalui Kemnaker untuk menciptakan lapangan kerja dan peluang usaha bagi masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19," ucap Melki.

Melki mengakui, dana program TKM masih terbatas dan belum mencukupi untuk kebutuhan pelaku usaha, meski begitu, ia berharap program TKM dapat membantu pelaku usaha mikro dan ultra mikro untuk tetap bertahan.

"Mudah-mudahan dengan bantuan ini bisa meringankan beban sekaligus menjadi modal usaha kembali serta meringankan beban teman-teman pelaku usaha mikro," kata Melki.

Kepada pelaku usaha dan masyarakat, Melki juga mengimbau untuk lebih memperketat disiplin dan kewaspadaan, serta mematuhi protokol kesehatan. 

"Bagi semua warga masyarakat, setelah diumumkan Omicron di tanah air, kita harus lebih ketat dan disiplin menerapkan prokes," tutupnya.

Dominggus Nai Bere, Ketua kelompok Usaha Tenun Moris Foun, salah satu kelompok yang menerima bantuan TKM UM ini menyatakan senang atas bantuan yang diberikan kemenaker melalui perjuangan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Mekiades Laka Lena.

Terima kasih kepada Bapak Melki Laka Lena yang sudah berjuang sehingga kelompok kami bisa mendapat bantuan usaha ini. Semoga dengan bantuan ini usaha kami lancar dan membantu meningkatkan ekonomi keluarga anggota kelompok kami,” jelasnya. (*)

Berita NTT Lainnya :

penyerahan bantuan
penyerahan bantuan (foto: Dok. Golkar/)
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved