Breaking News:

Berita Sumba Barat

Kadis Pertanian Sumba Barat Minta Warga Kembangkan Padi Gogo

Kepala Dinas Pertanian Sumba Barat, Ir.Amos R.Dida meminta masyarakat Lamboya Barat mengembangkan varietas padi gogo

Penulis: Petrus Piter | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
Tanam perdana padi gogo di Wetanah, Kecamatan Lamboya Barat, Sumba Barat belum lama ini. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM, WAIKABUBAK - Kepala Dinas Pertanian Sumba Barat, Ir.Amos R.Dida meminta masyarakat Lamboya Barat mengembangkan varietas padi gogo yang memiliki kekhasan harum wangi. Saat ini, sekitar 400 ha dikembangkan di Desa Wetanah. Luasan areal itu belum terhitung ditiga desa lainnya.

Demikian permintaan Kepala Dinas Pertanian Sumba Barat, Ir.Amos R.Dida dalam arahannya pada acara tanam perdana padi gogo di Desa Wetanah, Kecamatan Lamboya Barat belum lama ini.

Menurutnya, tanam padi gogo menjadi tradisi masyarakat desa ini. Kebiasaan menanam padi ladang hanya untuk kebutuhan konsumsi. Sudah saatnya, pola tanam demikian harus dirubah dengan perluasan areal tanam. Hal itu mengingat lahan di desa ini sangat luas. Secara ekonomis, harga beras padi gogo ini cukup bagus.

Sebetulnya, dari sisi pemasaran tidak susah karena Bundes sudah siap membelinya. Karena itu, ia menghimbau para petani di wilayah itu mengupayakan lahan seluasnya menanam padi ladang yakni padi gogo. Selanjutnya, para petani tinggal merawat saja dan selalu memperhatikan hama. Bila terjadi serangan hama maka segera berkoordinasi dengan penyuluh pertanian untuk mendapatkan penanganannya.

Ia optimis bila para petani giat menanam padi gogo dengan lahan lebih luas maka petani daerah ini akan maju pula. (*)

Baca Berita Sumba Barat Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved