Breaking News:

Berita Kota Kupang

Prodi Kimia FMIPA Unwira PKM di SD GMIT Naioni 

Daerah Naioni termasuk daerah pinggiran yang butuh banyak pendampingan dalam pemahaman akan pelajaran khususnya IPA

Penulis: Michaella Uzurasi | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Kegiatan PKM Prodi Kimia FMIPA Unwira di SD GMIT Naioni 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Michaella Uzurasi

POS-KUPANG.COM, KUPANG -- Program Studi (Prodi) Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di SD GMIT Naioni, Senin, 13/12/2021.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah SD GMIT Naioni dilanjutkan dengan pembagian buku bacaan IPA bagi 44 peserta yang adalah siswa/i kelas 3 dan 4 dari SD GMIT Naioni dan SD GMIT Tiga Putra.

Peserta diberi waktu kurang lebih 45 menit untuk membaca salah satu dari 5 cerita singkat tentang pengetahuan alam yang sudah ditentukan.

Setelah itu peserta diberi kesempatan untuk menceritakan apa yang telah dibaca sebelumnya dan diminta maju ke depan untuk bercerita secara spontan. 

Baca juga: Petugas Kebersihan dari DLHK Kota Kupang Angkut Sampah di Naikoten I

Dari 44 peserta ada 29 anak yang maju untuk bercerita tetang bacaan. Bacaan yang lebih banyak dipilih untuk diceritakan lagi adalah cerita tentang air. 

Dua orang dosen Prodi Kimia FMIPA Unwira dan satu guru SD GMIT Naioni menjadi juri dalam kegiatan ini dan dipilih tiga pemenang. 

Juara 1 diraih oleh Abner siswa kelas 3, juara 2 diraih oleh Okto siswa kelas 4 SD GMIT Naioni dan juara 3 diraih oleh Gilbert, siswa kelas 4 SD GMIT Tiga Putra.

Para juara diberikan piala dan bingkisan, dan untuk seluruh peserta yang telah maju bercerita diberikan buku puisi sebagai hadiah. Kegiatan ditutup oleh Kepala sekolah SD GMIT Tiga Putra, setelah itu dilanjutkan dengan foto bersama.

Baca juga: 287.060 Warga Kota Kupang Telah Terima Vaksin Dosis I

Ketua tim PKM, Gertreda Latumakulita mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat belajar IPA sejak dini pada murid SD di Kelurahan Naioni Kota Kupang melalui membaca naskah IPA dan cerita alam lingkungan.

"Daerah Naioni termasuk daerah pinggiran yang butuh banyak pendampingan dalam pemahaman akan pelajaran khususnya IPA," kata Gertreda.

"Menurut saya, kelas 3 dan 4 kelas yang tepat untuk menanamkan minat akan pelajaran IPA dan harapannya ketika mereka lulus, mereka sudah bisa menentukan minat mereka yang akan ditekuni dimasa depan," pungkasnya.(*)

Berita Kota Kupang Terkini

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved