Breaking News:

Berita Sumba Barat

Bupati Yohanis Minta Warga Ikat Hewan, Pastikan Anakan Pohon Tumbuh Baik

Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, S.H bersama rombongan melakukan penanaman anakan kehutanan di kawasan hutan Pogobina

Penulis: Petrus Piter | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, S.H bersama rombongan melakukan aksi tanam anakan pohon di kawasan hutan pogobina di Desa Puu Mawo, Kecamatan Loli, Sumba Barat, Jumat 10 Desember 2021 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM, WAIKABUBAK - Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, S.H bersama rombongan melakukan penanaman anakan kehutanan di kawasan hutan Pogobina di Desa Puu Mawo, Kecamatan Loli, Sumba Barat, Jumat 10 Desember 2021.

Dalam sambutannya, Bupati Yohanis meminta agar warga yang berdiam disekitar kawasan hutan Pogobina agar mengikat hewan piaraan seperti babi, kuda dan kerbau agar anakan pohon yang baru saja ditanam dapat tumbuh kembang baik. Sebab aksi tanam pohon bersama ini adalah merupakan salah satu upaya pemerintah melestarikan kembali hutan Pogobina yang rusak akibat penebangan liar oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Kebiasaan warga selama ini, memelihara ternak tanpa mengikatnya sehingga hewan tersebut merusak tanaman warga. Karena itu, Bupati Yohanis meminta agar warga sekitar mengikat hewan piaraan agar anakan pohon yang baru saja ditanam dapat tumbuh dengan baik.

Lebih lanjut, Bupati Yohanis meminta agar warga yang berdiam disekitar kawasan hutan pogobina harus menjaga kelestarian kawasan hutan yang diperkirakan seluas 350 h. Saat ini, sebagian besar areal kawasan diseluruh Sumba Barat rusak akibat perambaan liar oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Dalam kesempatan itu, ia juga meminta kepada UPT Dinas Kehutanan Sumba Barat agar mempertimbangkan tentang penetapan sebagian besar wilayah Selatan Sumba Barat masuk kawasan hutan pemerintah. Padahal jauh sebelum itu atau jauh sebelum Sumba Barat ada, sudah ada nenek moyang mendiami wilayah itu. Hal itu ditandai dengan adanya batu kubur, bekas perkampungan, tanam warga dan lainnya. Hal itu demi kebaikan bersama masyarakat daerah ini. (*)

Baca Berita Sumba Barat Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved