Breaking News:

Berita Ngada

Gandeng Gereja, Binda NTT Gelar Vaksinasi Masal di Kecamatan So’a Ngada

Sebanyak 25 orang tunda menerima vaksin karena 24 orang mengalami hipertensi dan satu orang NIK KTP sudah terpakai

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Para petugas kesehatan bersama dengan Binda NTT memberikan vaksin bagi umat di Aula Paroki Salib Suci Soa, Rabu 8 Desember 2021.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM, BAJAWA--Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Provinsi NTT juga menyelenggarakan vaksinasi bagi ratusan umat Paroki Salib Suci Soa, Desa Waepana, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada, Rabu 8 Desember 2021.

Kegiatan vaksinasi massal yang dilaksanakan di Aula Paroki Salib Soa disambut antusias oleh umat. Mereka mendatangi lokasi untuk menerima vaksin.

Berdasarkan pantauan, pelaksanaan vaksinasi yang dilaksanakan Binda NTT dimulai dari pagi hingga sore hari sekira pukul 17:00 Wita.

Kegiatan vaksinasi tersebut mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti Gereja Paroki Salib Suci, Dewan Paroki, Kongregasi, Pemda Ngada melalui pemerintah Kecamatan Soa, Dinas Kesehatan, Tenaga Dokter bersama Nakes Puskesmas Waepana Soa.

Baca juga: SMA Katolik Recis Bajawa, Sekolah Pertama di Ngada yang Capaian Vaksin Dosis Pertama 100 Persen

Kepala Puskesmas Waepana, Eti Kromen menjelaskan bahwa, target peserta dalam kegiatan vaksinasi kali ini sebanyak 250 orang. Untuk hari pertama sedikitnya 226 orang yang menerima vaksinasi.

Rinciannya, vaksin sinovac sebanyak 86 orang, dimana 9 orang menerima vaksin dosis pertama dan 77 orang menerima vaksin dosis kedua.

Berikutnya, vaksin AstraZeneca sebanyak 140 orang, dimana untuk dosis pertama sebanyak 138 orang dan yang menerima vaksin dosis kedua sebanyak 2 orang.

"Sebanyak 25 orang tunda menerima vaksin karena 24 orang mengalami hipertensi dan satu orang NIK KTP sudah terpakai," jelasnya.

Baca juga: Gebrakan Baru, Kapolres Ngada Libatkan Bhayangkari Bantu Percepatan Vaksinasi

Dijelaskannya, jumlah secara keseluruhan vaksin dalam kegiatan vaksinasi Binda NTT di Paroki Salib Suci Soa sebanyak 226 dosis, 43 vial vaksin sinovac dan 14 vial vaksin astrazeneca.

Sementara itu, Pastor Paroki Salib Suci Soa, RD. Daniel Aka mengaku Gereja sangat mendukung upaya percepatan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat.

Sebab, dengan adanya vaksin, maka dapat menciptakan herd immunity (kekebalan kelompok) bagi umat yang berada di Paroki Salib Suci Soa.

"Gereja secara terus menerus melalui mimbar dan peran Dewan Paroki melalui Komisi Kesehatan, Komisi Paskel, Komisi JPIC selalu berkarya nyata untuk kesehatan dan juga menggunakan berbagai kegiatan pembinaan umat untuk memberikan penyadaran serta menghimbau kepada umat agar mengedepankan kesadaran atas kesehatan dalam menghadapi pandemi covid-19," ujarnya.

RD Daniel menambahkan, gereja juga sangat mendukung dan selalu terbuka untuk bekerjasama sengan pemerintah serta Binda NTT dalam mempercepat pelakaanana vaksin untuk masyarakat. (*)

Berita Pemprov NTT Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved