Breaking News:

Berita Pendidikan

Politani Kupang Selenggarakan Lokakarya Kurikulum Diploma 4, Ini Tujuannya

Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Kupang menyelenggarakan Lokakarya Kurikulum D4, Jumat, 03/12/2021. 

Penulis: Michaella Uzurasi | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/MICHAELLA UZURAS
Lokakarya Kurikulum D4 Politani JUMAT 03 Desember 2021 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Michaella Uzurasi

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Kupang menyelenggarakan Lokakarya Kurikulum D4, Jumat, 03/12/2021. 

Ketua Panitia Lokakarya Kurikulum D5, Noldin Abola, S.P., M.Sc mengungkapkan, peserta kegiatan kurang lebih 40 orang dan kegiatan akan dilaksanakan selama dua hari. 

"Hari pertama mendapatkan masukan dari narasumber dari alumni maupun dunia usaha dunia industri (DUDI) untuk kami bisa mengkolaborasi masukan - masukan itu dalam kurikulum yang sudah kami susun," kata Noldin. 

"Kami dari program diploma tiga sekarang menjadi tuntutannya adalah kita harus upgrade menjadi diploma empat atau setara dengan sarjana terapan jadi kita sudah melokakarya kurikulum dalam arti kurikulum yang dibentuk oleh tim kita melokakaryakan mengundang narasumber kemudian dari dunia usaha dunia industri juga kami libatkan, ada alumni memberikan masukan kepada kurikulum," lanjutnya.

Tiga narasumber yang hadir dalam lokakarya tersebut adalah dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian BPTP Naibonat Dr. Toni Basuki, Sekretaris Dinas Pertanian Provinsi NTT, Mikdon Abola dan salah satu alumni yang menjadi wirausahawan dengan mengembangkan Smart Farming System, Yance Maring.

"Ini petani - petani milenial jadi kita mengundang dari BPTP karena kaitannya dengan mungkin ada pengkajian - pengkajian leknologi, khususnya untuk serapan alumni, kira - kira kompetensi apa yang dunia usaha maupun dunia industri itu membutuhkan seperti apa memberi masukan untuk kurikulum kita. Mungkin bahan kajiannya, mata kuliah atau soft skill apa yang dibutuhkan oleh mereka. Kami melihat supaya ada mix and matchnya dari dunia kampus maupun dunia Industri sehingga ketika mereka keluar mereka memiliki seperangkat kompetensi yang memang dibutuhkan di luar (dunia usaha)," jelas Noldin.  

Setelah diproses, akan ada penetapan ditingkat senar baru kemudian diajukan permohonan ke DIKTI untuk program studi ini terbentuk dari D3 ke D4 baru kurikulumnya diperkenalkan dengan baik. 

"Dengan upgrade dari D3 ke D4 artinya makin banyak membuka peluang alumni - alumni kita itu terserap di dunia kerja, mereka dibekali dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap mereka yang baik, mereka bisa menjadi enterpreneurship, mereka bisa membuka lapangan kerja karena karena jiwa vokasi kita adalah kewirausahaan berarti mereka juga mampu secara pengetahuan sikap dan keterampilan mereka," ujar Noldin.

"Harapan kami adalah pertanian Indonesia khususnya NTT yang lahan Kering semakin maju dan serapan untuk alumni Politani itu jauh lebih baik sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat dan dunia kerja," tambahnya.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved