Breaking News:

Luar Biasa! Raup Ratusan Juta Rupiah, Petani Milenial NTT Buka Peluang Ekspor Hortikultura

Rofinus merupakan satu dari 51 petani Indonesia binaan Kementan asal Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dikukuhkan menjadi Duta Petani Milenial.

Editor: Agustinus Sape
BPPSDMP
Rofinus I Moat Luer, seorang petani hortikultura dari Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, memperlihatkan hasil buncis dari kebunnya. 

Luar Biasa! Raup Ratusan Juta Rupiah, Petani Milenial NTT Buka Peluang Ekspor Hortikultura

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Siapa bilang menjalani profesi petani tak menjamin sukses? Rofinus I Moat Luer, seorang petani hortikultura dari Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, telah membuktikan kesuksesannya. Dia berhasil meraup 250-300 juta dari bertani.

Rofinus merupakan satu dari 51 petani Indonesia binaan Kementan asal Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dikukuhkan menjadi Duta Petani Milenial.

Gelar Duta Petani Milenial mendorong Rofinus berbagi ilmu kepada petani dan masyarakat umum.

"Setelah menjadi Duta Petani Milenial, saya akan terus berbagi pengalaman tentang apa yang saya lakukan selama ini dalam melakukan agribisnis hortikultura, dari hulu hingga hilir," ujar Rofinus.

Pria yang juga merupakan anggota kelompok tani Pondok Desa Tilang ini mempunyai usaha berupa bawang merah, buncis, cabai merah keriting, cabai merah besar, cabai rawit dan tomat dengan jumlah di atas 10 ribu pohon per komoditas.

Hal tersebut membuka peluang ekspor komoditas hortinya dengan minimal merambah negara tetangga seperti Timor Leste dan Papua Nugini.

"Dengan volume ekspor 5 hingga 10 ton per bulan bisa diperoleh omzet penjualan mencapai ratusan juta rupiah,” ujarnya penuh semangat.

Saat ini Rofinus didampingi oleh Yayasan Bina Tani Sejahtera (YBTS). Sedangkan untuk pemasaran dibantu oleh Bumdes Bersama Bangkit Mandiri, Kecamatan Nita.

Meski lumayan berhasil, namun Rofinus mengungkapkan bahwa masih ada kendala dalam usahanya berupa produk pasca panen dan sarana prasarana penunjang usahanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved