Breaking News:

Berita Rote Ndao

Disnak Kabupaten Rote Ndao  Program Kartu Identitas Ternak

manajemen pemeliharaan ternak dan melalui Tim Bupati Untuk Percepatan Pembangunan (TBUPP) pemerintah

Penulis: Ray Rebon | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/RAY REBON
Kadis Peternakan Rote Ndao, Hermanus Haning saat ditemui diruang kerjanya. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ray Rebon

POS-KUPANG.COM, ROTE NDAO--Layaknya Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai dokumen identitas kependudukan, demikian halnya terhadap ternak di Kabupaten Rote Ndao, yang segera dilengkapi dokumen serupa atau KIT (Kartu Identitas Ternak).

Melalui Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Rote Ndao, KIT, telah diprogramkan dengan memuat sejumlah informasi yang terangkum didalamnya.

"Ada data penting terhadap setiap ternak, mulai dari data kesehatan, usia, jenis pejantan indukan serta kelahiran untuk sapi betina, yang terekam dalam KIT," kata Kepala Dinas Peternak (Disnak) Hermanus Haning di ruang kerjanya.

"Selama ini memang ada informasi tentang ternak yang dimiliki, tetapi itu masih dilakukan secara manual. Kadang sesuai, ada juga yang kurang akurat," sambungnya

Baca juga: Bupati dan Wabup Rote Ndao Terjun Langsung Panen Perdana Rumput Odot

"Padahal, data tentang ternak yang dimiliki sangat penting untuk menentukan harga jual. Dan kedepan, semua informasi mengenai ternak sudah bisa terdata dengan baik," ujar dia

Dengan adanya KIT, kata dia selain peternak bisa dengan mudah mengontrol ternaknya, juga berhak mendapatkan pelayanan kesehatan. Misalnya, pelayanan berupa vaksin dan juga inseminasi buatan.

Selain itu, KIT, yang akan diberikan dimaksudkan sebagai legalitas atau bukti sah terhadap kepemilikan ternak. Bukti tersebut yang kemudian akan melegalkan proses jual-beli yang akan dilakukan peternak dengan pembeli.

Dengan demikian, kata Kadis Herman dalam penerapanya, Disnak sebagai instansi teknis, menargetkan sebanyak 6.499 ekor ternak untuk diberi KIT. 

"Program ini masih terus kami dilakukan/bertahap, hingga semua ternak di Rote Ndao memiliki dokumen tersebut, dimana didahului kepada jenis hewan/ternak besar, seperti Sapi, Kuda dan Kerbau," ungkap dia

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved