Breaking News:

Berita Kota Kupang

Gebyar Cerdas Anak, Pengembangan Program Pendidikan Kecakapan Hidup dan Literasi Keuangan di Sekolah

orang tua atau wali siswa karena ada permintaan dari dinas untuk memasukan nomor rekening ke tiap sekolah

Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/ISTIMEWA
Suasana dialog  

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG-- Yayasan Madani dan Chil Fund menggalar kegiatan kecakapan hidup dan literasi keuangan bagi anak-anak di NTT, khususnya di Wilayah Kabupaten dan Kota Kupang.

Kegiatan dilaksanakan di Hotel Aston Kupang, Selasa 30 November 2021.

Dalam dialog yang digelar, Kepala Dinas Pendidkan dan Kebudayaan (P dan K) Kabupaten Kupang Drs. Imanuel Buang, mengatakan kebijakan berkaitan dengan program tersebut telah ditindaklanjuti dengan Surat Edaran (SE) Bupati Kupang.

SE itu ditujukan bagi pimpinan satuan pendidikan untuk mewajibkan tiap siswa memiliki satu rekening. Dengan begitu, diharapkan siswa bisa belajar menabung sejak usia dini.

Pihaknya juga akan melakukan sosialisasi lebih lanjut terhadap SE itu agar adanya pemahaman yang sama dari sekolah dan orang tua dalam menerapkan program itu.

Baca juga: Wali Kota Kupang Sebut Pos Kupang Jadi Media Terbaik di NTT

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang Dumuliahi Djami, menyampaikan kebijakan itu memang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang.

Meski begitu, menurut Djami, pelaksanaan dilapangan mengalami kesulitan. Ia menyebut penerapan program itu sering dipertanyakan orang tua atau wali siswa karena ada permintaan dari dinas untuk memasukan nomor rekening ke tiap sekolah.

"Ini kan kerja sama dengan OJK. OJK minta untuk tiap sekolah itu satu siswa satu rekening, dan mohon kepada kami untuk mengirimkan nomor rekening ke OJK. Sampai dengan sekarang jujur kita belum laksanakan," kata dia.

Kedepan, kata dia, dilakukan program lain juga yakni kantin siswa. Dengan kantin itu, uang jajan siswa akan bisa ditabung. Namun, penerapan program itu saat ini belum bisa berjalan karena dalam masa pandemi.

Baca juga: Anggota Komisi IV DPRD Kota Kupang Diana Bire Gelar Layanan Kesehatan Gratis Bagi Warga

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved