Breaking News:

Berita Manggarai Timur Terkini

Heremias Dupa Putuskan Batal Pembelian Tiga Mobil Pimpinan DPRD Senilai Rp 1,5 Miliar

kurang 1 tahun sesuai dengan ketentuan umur ekonomis barang milik daerah yang diatur dalam Perbup Nomor 15 A Tahun 2020 tentang kebijakan akuntansi

Penulis: Robert Ropo | Editor: Rosalina Woso
Tribun Flores.com/Robert Ropo
Rapat DPRD Kabupaten Manggarai Timur 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG---Polemik terkait anggaran pembelian tiga unit mobil untuk pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai Timur senilai Rp 1,5 miliar akhirnya dibatalkan. 

Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Timur, Heremias Dupa dalam rapat Paripurna ke-33 yang berlangsung di Ruang Rapat Utama DPRD Kabupaten Manggarai Timur, Senin 29 November 2021 malam, menjelaskan, pimpinan DPRD sesuai ketentuan pasal 1 Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2018 tentang hak keuangan dan administrasi Pimpinan dan anggota DPRD .

Pimpinan dan anggota DPRD adalah pejabat daerah yang memegang jabatan Ketua dan Wakil Ketua DPRD sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sebagaimana jabatan dan bebas tugas yang diembannya sebagai pejabat daerah. 

Maka guna menunjang pelaksanaan tugas dan fungsinya, pimpinan DPRD disediakan tunjangan kesejahteraan berupa kendaraan dinas jabatan sesuai aturan yang ada. Hal ini menjadi bagian penting dalam pelaksanaan tugas pimpinan DPRD.

Baca juga: Polres Manggarai Timur Salurkan Bantuan 12 Ton Beras untuk Warga Kurang Mampu

Karena berdasarkan ketentuan tersebut, Heremias juga menjelaskan, usia mobil pimpinan DPRD saat ini berusia 6 tahun. Dengan usia aset itu telah memenuhi syarat untuk dijual/dilelang sesuai ketentuan pasal 10 Ayat 1 poin (a) peraturan pemerintah nomor 84 tahun 2018 tentang penjualan barang milik daerah berupa kendaraan dinas perorangan.

Selain itu, dengan usia mobil tersebut saat ini, maka beban biaya operasional kendaraan tersebut membutuhkan biaya perawatan yang cukup besar. Tentu mengganggu kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi yang melekat pada jabatan sebagai pimpinan DPRD apalagi dengan kondisi geografis dan wilayah yang cukup luas.

Dan juga pengadaan kendaraan dinas pejabat Pimpinan DPRD yang berusia 6 tahun, kurang 1 tahun sesuai dengan ketentuan umur ekonomis barang milik daerah yang diatur dalam Perbup Nomor 15 A Tahun 2020 tentang kebijakan akuntansi Pemda Manggarai Timur.

Heremias juga mengatakan, dinamika terkait pembahasan pembelian tiga unit mobil pimpian DPRD ini sudah berlangsung sejak KUA-PPAS melalui rancangan pemerintah pada Tahun 2022 dan sudah dibahas juga pada tingkat Komisi dan sudah disetujui begitu juga dibahas Banggar juga sudah disetujui.

Baca juga: Tarian Caci Hingga Pameran UMKM Meriahkan Ultah Manggarai Timur ke-14 Tahun 2021 

"Tapi keputusan ini bukan final dan mengikat karena masih ada tahapan selanjutnya yaitu di RAPBD meski juga dibahas di tingkat Banggar. Tetapi yang paling penting di Paripurna, karena segala keputusan pembahasan finalnya di Paripurna,"jelas Heremias.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved