Breaking News:

Berita NTT

Kepala Dinas Kesehatan NTT Sebut Dua Kabupaten di Sumba Keluar dari Endemis Malaria

Kepala Dinas Kesehatan NTT Sebut Dua Kabupaten di Sumba Keluar dari Endemis Malaria

Editor: Kanis Jehola
Dok. Humas Setda NTT
Kepala Dinas Kesehatan, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi NTT, dr. Meserasi Ataupah 

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG- Kepala Dinas Kesehatan, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi NTT, dr. Meserasi Ataupah mengatakan kabupaten Sumba Timur mulai menunjukkan penurunan endemisitas malaria dari tinggi ke sedang dalam tahun ini.

"Kabupaten Sumba Tengah telah berhasil keluar dari endemis tinggi malaria ke endemis rendah malaria, sedangkan Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Barat Daya masih stagnan di endemis tinggi," katanya, Jumat 26 November 2021 di Kabupaten Sumba Timur.

Sementara itu, Bupati Sumba Timur Drs. Kristofel Praing M.Si, menyampaikan penyakit malaria di Pulau Sumba sebesar 92%.

Kabupaten ini merupakan kabupatan dengan kasus malaria tertinggi ketiga di Pulau Sumba setelah Kabupaten Sumba Barat Daya dan Kabupaten Sumba Barat yakni sebesar 11% ( 458 kasus ).

Sejak awal penyusunan rencana aksi daerah dalam rangka percepatan eliminasi malaria pada tahun 2018 yang dilaksanakan di Kabupaten Sumba Barat Daya, Pemerintah Kabupaten Sumba Timur telah melaksanakan berbagai intervensi dalam rangka menekan jumlah kasus malaria.

"Baik dari segi penguatan sumber daya manusia, penyediaan logistik, manajemen kasus, pengendanlian vektor, termasuk pembagian kelambu masal maupun promosi kesehatan," ujarnya.

Berbagai upaya tersebut, kata dia, telah mencapai hasil yg positif ditandai dengan menurunnya angka malaria di Kabupaten Sumba Timur.

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dalam arahannya meminta Kepala Daerah se-daratan pulau Sumba agar lebih serius dan bisa bekerja keras dalam menangani penyakit malaria di pulau tersebut.

Gubernur Viktor menyampaikan hal itu ketika membuka acara pertemuan Monitoring dan Evaluasi III Konsorsium Malaria se-daratan Sumba pada hari Jumat 26 November 2021 bertempat di aula Padadita Beach Hotel, Kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved