Breaking News:

Berita Malaka

Jaksa Ambilalih Bila Kades Bandel Kembalikan Dugaan Penyelewengan Dana Desa

SDM tetapi berjalan baik. Kendalanya sekarang terkait  tindaklanjut hasil temuan dugaan penyelewengan itu

Penulis: Edy Hayong | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/EDY HAYONG
Wakil Bupati (Wabup) Malaka, Louise Lucky Taolin, S.SoS didampingi Kajari Atambua, Alfons Loe Mau, S.H,MH membuka kegiatan di Betun, Senin, 29 nOVEMBER 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM, BETUN--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka serius dalam upaya penyelamatan uang negara dalam hal ini Dana Desa (DD) yang diselewengkan oknum kepala desa (kades).

Pemda melalui Inspektorat telah melakukan teguran bahkan memberi ruang untuk pengembalian jika ada dugaan penyelewengan. Apabila oknum kades Bandel maka jaksa Kejari Atambua Ambilalih sehingga ada efek jera.

akil Bupati (Wabup) Malaka, Louise Lucky Taolin, S.SoS menyampaikan ini saat membuka kegiatan rapat pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksaan Inspektorat Daerah Kabupaten Malaka di Betun, Senin (29/11/2021).

Dihadapan Kajari Atambua, Alfons Loe Mau, S.H,MH, Wabup Kim Taolin-sapaan akrabnya menyampaikan bahwa pemda Malaka  berkomitmen menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih.

Baca juga: Bupati Malaka Serahkan Mobil Bantuan Kementerian Desa PDTT buat  BumDes 

ntuk itu, kata Kim Taolin, melalui Inspektorat Malaka yang mempunyai tupoksi mengawasi setiap OPD, para camat, kepala desa dan lembaga pendidikan, bekerja keras dan selama ini memberi hasil cukup baik.

Khusus mengenai pengelolaan DD, kata Kim Taolin, para kades harus mengelolanya secara benar dan  baik karena jumlahnya sangat besar.

"Saya minta para kades  kelola dan gunakan sesuai aturan yang berlaku. Karena tujuan pemerintah pusat luncurkan DD itu agar dikelola untuk rakyat bukan sejahterakan kades atau kelompok tertentu," tegasnya.

Menurutnya, dari hasil audit Inspektorat walau dengan keterbatasan SDM tetapi berjalan baik. Kendalanya sekarang terkait  tindaklanjut hasil temuan dugaan penyelewengan itu.

Dia menilai masih ada temuan yang  belum ditindaklanjuti. Bahkan tidak ada yang mau kembalikan dugaan penyelewengan sampai sekarang.

Baca juga: Anggota Satgas Pamtas di Pos Laktutus Malaka Membaur dengan Warga 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved