Breaking News:

Berita Flores Timur

RVI Bantu Pembangunan Lanjutan Taman Baca Pustaka Bambu di Horowura

pembangunan taman baca Pustaka Bambu di Epubele, desa Horowura, Kecamatan Adonara Tengah, Kabupaten Flores Timur akhirnya dilanjutkan kembali

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/AMAR OLA KEDA
Perwakilan RVI wilayah Adonara, Muhamad Don Soge menyerahkan bantuan kepada pengelola taman baca Pustaka Bambu, Andri Atagoran 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Amar Ola Keda

POS-KUPANG.COM, LARANTUKA - Setelah sempat tertunda beberapa tahun, pembangunan taman baca Pustaka Bambu di Epubele, desa Horowura, Kecamatan Adonara Tengah, Kabupaten Flores Timur akhirnya dilanjutkan kembali.

Selain sumber dana swadaya dan gotong royong masyarakat desa, pembangunan lanjutan taman baca yang diinisiasi jurnalis, Andri Atagoran ini juga didukung oleh Rumah Visi Indonesia (RVI). Sebagian dari kebutuhan seng untuk atap taman baca ini disumbang oleh RVI. 

Perwakilan RVI untuk wilayah Adonara, Muhamad Don Soge menyerahkan bantuan secara langsung kepada pengelola taman baca Pustaka Bambu, Andri Atagoran di desa Horowura pada Sabtu (27/11/2021). 

Direktur RVI, Antonius Demon Hurung, berharap, meski tidak seberapa bantuan ini dapat mewujudkan mimpi pustaka bambu membangun iklim litersi di Kabupaten Flores Timur, khususnya di desa Horowura. Dia berharap hadirnya taman baca ini dapat meningkatkan semangat dan kemauan membaca anak-anak di Desa Horowura.

"Hadirnya taman baca ini tentu sejalan dengan spirit yang diusung RVI yakni Berkarya dari Pelosok. Kedepan kita berharap  kolaborasi  antara RVI dan Komunitas Pustaka Bambu tetap berlanjut untuk meningkatkan minat membaca generasi muda di Flores Timur," ungkap Anton kepada wartawan, Sabtu 27 November 2021.

Selain bantuan untuk gerakan literasi, RVI melalui dukungan beberapa BUMN juga terus membantu masyarakat di pelosok dengan berbagai aksi sosial seperti pembangunan jaringan pipa yang rusak dampak banjir bandang dan longsor, juga bantuan sembako bagi masyarakat ditengah pandemi Covid-19.

"Tentu kita hadir dan memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat melalui survei dan assesmen yang matang," ujarnya.

Koordinator Pengelola Taman Baca Pustaka Bambu, Andri Atagoran, mengatakan, semangat untuk melanjutkan kembali pembangunan taman baca ini tidak 'padam' meski sempat tertunda sejak 2017 lalu. Dia bersyukur karena bantuan swadaya orang per orang dan RVI sangat bermanfaat untuk kelanjutan pembangunan taman baca yang berada di pedalaman Pulau Adonara ini.

"Tentu ini sangat membantu. Dan RVI telah menunjukan kepedulian dan aksi nyata untuk masyarakat. Saya sangat bersyukur karena semua pihak, termasuk RVI punya perhatian yang sama untuk generasi muda Indonesia," kata Andri.

Pembangunan taman baca ini tetap dilanjutkan dengan semangat gotong royong masyarakat di Epubele, desa Horowura. Taman Baca Pustaka Bambu ini mengusung konsep tempat membaca bernuansa alam. 

"Anak-anak nanti akan belajar sambil berinteraksi dengan alam dan lingkungan di sekitat termasuk bermain dengan alam. Kita mencoba menghadirkan suasana belajar dan bermain yang nyaman bagi anak-anak, juga sambil memberikan edukasi melestarikan alam mengenal potensi sumber daya alam di desa Horowura," kata Andri.

Selain alam, konsep pengelolaan taman baca ini juga digagas agar anak-anak juga mampu mengenal budaya dan kearifan lokal masyarakat setempat.

"Ini nanti berkaitan dengan konsep dan model pengelolaan taman baca ini. Tentu kami tidak bisa berjalan sendiri, dukungan dari berbagai pihak, masyarakat khususnya orang tua justru yang jadi kekuatan bagi kita untuk mewujudkan mimpi akan masa depan anak-anak yang lebih baik," pungkasnya. (*)

Baca Berita Flores Timur Lainnya
 

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved