Breaking News:

Berita Ende

Wisudawan Uniflor Diharapkan Kembali ke Desa

Hal ini dikatakan Bupati Ngada, Andreas Paru, S.H, M. H dalam sambutannya pada pelaksanaan wisuda Universitas Flores, Kamis 25 November 2021.

Editor: Agustinus Sape
Foto Uniflor
Ketua Umum Yapertif, Dr. Laurentius Gadi Djou menyerahkan parang sebagai simbol kepemimpinan kepada Bupati Ngada dan Wakil Bupati Ngada, Kamis 25 November 2021. 

Wisudawan Uniflor Diharapkan Kembali ke Desa

POS-KUPANG.COM, ENDE - Bupati Ngada, Andreas Paru, S.H, M.H mengajak para wisudawan dan wisudawati Universitas Flores (Uniflor) yang telah dibentuk menjadi generasi unggul dan berbudaya untuk kembali ke desa guna membangun pertanian dan pariwisata di desa serta bekerja bersama masyarakat di desa dan membangkitkan minat kewirausahaan.

Hal ini dikatakan Bupati Ngada, Andreas Paru, S.H, M. H dalam sambutannya pada pelaksanaan wisuda Universitas Flores, Kamis 25 November 2021 di Aula H. J Gadi Djou.

Bupati Andreas mengatakan partisipasi aktif dan rasa tanggung jawab yang diberikan para wisudawan dan wisudawati dalam pelaksanaan pembangunan daerah dan bangsa merupakan pertanda bahwa para wisudawan sungguh menghargai jasa para pahlawan bangsa juga merupakan pertanda bahwa para wisudawan sungguh adalah mahluk ciptaan Tuhan yang terpanggil untuk turut membawa keselamatan bagi seluruh umat manusia.

“Selain itu, merupakan pertanda bahwa kalian sungguh generasi berbudaya karena menghargai tradisi nenek moyang kita yang merawat alam dan menjaga kelestariannya,” katanya.

"Juga merupakan pertanda bahwa kalian adalah generasi unggul karena memiliki ilmu pengetahuan dan menguasai teknologi untuk memajukan bangsa dan masyarakatnya," ujar Andreas.

Dikatakan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Ngada sangat berbangga dan memberikan apresiasi yang tinggi karena pelaksanaan wisuda Sarjana Universitas Flores Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 Periode Oktober 2021 yang mengusung Tema “Universitas Flores Membangun Generasi Unggul dan Berbudaya”, telah menampilkan atribut Kebudayaan Ngada dalam bentuk Pakaian Adat Ngada berupa Sapu, Lu’e, Boku, Mare Ngia, Sau serta Saa Ngaza dan Go Laba.

Dikatakan tema wisuda kali selaras dan mencerminkan hakekat utama dari keberadaan Universitas Flores sebagai sebuah lembaga Pendidikan Tinggi yang menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian dan
Pengabdian kepada masyarakat sebagai pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Saya berkeyakinan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di Universitas Flores telah melahirkan “Generasi Unggul dan berbudaya,” katanya.

Rektor Uniflor, Dr Simon Sira Padji MA dalam kesempatan tersebut mengharapkan kepada para wisudawan yang agar menjadi mediator budaya berpijak dari visi misi lembaga dan tetap menjalankan prokes kesehatan.

Agar menjadi mediator budaya yang tangguh yang mampu memberikan pengetahuan modern kepada masyarakat tanpa merusak tatanan masyarakat yang sudah ada, ujar Dr Simon.

Disaksikan, pelaksanaan wisuda Universitas Flores kali ini terasa istimewa karena dihadiri oleh para pejabat dari tiga kabupaten yakni Bupati Ngada, Andreas Paru, S.H, M. H, dan Wakil Bupati, Raimundus Bena serta Wakil Bupati Nagekeo, Marianus Waja serta Asisten 1 Setda Ende, Abraham Badu mewakili Bupati Ende, Drs Djafar Achmad.

Pada kesempatan itu, sesaat sebelum memasuki lokasi wisuda, Ketua Umum Yayasan Perguruan Tinggi Flores, Dr Laurentius Gadi Djou, Akt memberikan parang kepada Bupati Ngada, Andreas Paru dan Wakil Bupati Ngada, Raimundus Bena, juga memberikan kain selendang kepada Wakil Bupati Nagekeo, Marianus Waja dan Asisten 1 Setda Ende, Abraham Badu.

Pelaksanaan wisuda juga diisi dengan orasi ilmiah yang dibawakan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Untuk diketahui tercatat sebanyak 439 wisudawan dikukuhkan menjadi sarjana dengan perincian 116 wisudawan dari Fakultas Ekonomi dan 41 wisudawan dari Fakultas Teknik serta 32 wisudawan dari Fakultas Agrotehnologi dan 9 wisudawan dari Fakultas Bahasa dan Sastra dan 206 wisudawan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, juga 13 wisudawan dari Fakultas Hukum dan 22 wisudawan dari Fakultas Teknologi dan Informasi. *

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved