Breaking News:

Berita Ngada

Ketua DPRD Bernadinus Dhey Ngebu : RAPBD Ngada Tahun 2022 Berpihak pada Kesejahteraan Masyarakat

Pembangunan Daerah yang menjadi rambu bagi kita dalam menjalankan roda pembangunan ekonomi dan pembangunan manusia

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Ketua DPRD Ngada, Bernadinus Dhey Ngebu saat membacakan sambutan pada pembukaan sidang paripurna pembahasan RAPBD tahun 2021 di ruang sidang paripurna DPRD Ngada, Selasa 23 November 2021.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM, BAJAWA-Ketua DPRD Ngada, Bernadinus Dhey Ngebu berharap, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Ngada tahun anggaran 2022 berpihak pada kesejahteraan masyarakat. Selain itu, APBD Kabupaten Ngada diharapkan dapat melepaskan masyarakat dari kungkungan kemiskinan.

Ketua DPRD Ngada Bernadinus Dhey Ngebu mengatakan hal itu dalam pembukaan rapat paripurna pembahasan RAPBD tahun 2022 di ruang sidang paripurna, Selasa 23 November 2021.

Bernadinus mengungkapkan, pemerintah dan DPRD sejak hari ini sampai beberapa hari kedepan memusatkan perhatian terhadap pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Ngada tahun anggatan 2022.

Menurutnya, APBD sejatinya bermuara pada ikhtiar tanpa henti untuk menyejahterakan masyarakat dan melepaskan diri mereka dari kungkungan kemiskinan melalui upaya yang lebih konkret dan terpadu.

Sebab, harus disadari bersama bahwa masih banyak masyarakat Kabupaten Ngada yang terbelenggu dalam keadaan serba kekurangan dan masih banyak keluarga miskin yang harus dipacu untuk mendapat kesejahteraan melalui program unggulan yang telah digariskan pemerintah.

Baca juga: Wisuda Uniflor Dalam Balutan Seni dan Budaya Ngada

Selain itu, APBD juga berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, mendorong terwujudnya keadilan dan pemerataan pembangunan pada semua sektor di wilayah daerah Kabupaten Ngada, meningkatkan derajat pendidikan dan kesehatan masyarakat.

APBD diharapkan mampu mewujudkan penyediaan infrastruktur atau sarana prasarana pembangunan seperti jalan, jembatan, air bersih dan sarana pemukiman lainnya.

"Ketersediaan sarana dan prasarana jalan dan jembatan berkorelasi positif dengan pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Karena itu kita berharap agar ketersediaan infrastruktur jalan dan jembatan diharapkan mampu membuka isolasi wilayah yang pada gilirannya mampu menggerakan roda ekonomi masyarakat agar geliat pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di daerah ini semakin hari semakin berkembang," ujarnya.

Bernadinus mengatakan, jika cermat memperhatikan fungsi APBD seperti yang digambarkan di atas, maka mau atau tidak mau, suka atau tidak suka, maka DPRD dan pemerintah daerah dituntut secara cermat dan jeli dalam merencanakan berbagai program dan kegiatan yang termuat dalam Dokumen APBD kita.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved