Breaking News:

Berita Nagekeo

Ketua Dekranasda Nagekeo Harap Peserta Pelatihan Tenun Ikat Jadi Milenial Cakap

berwirausaha dengan terus menenun sehingga dengan menenun mereka bisa mendapatkan penghasilan

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Para peserta pelatihan tenun ikat hadir dalam kegiatan fashion show di Aula Setda Nagekeo, Selasa 23 November 2021 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM, MBAY--Ketua Dekranasda Nagekeo Eduarda Y. P Gati berharap 38 remaja putri yang menjadi peserta pelatihan tenun ikat dapat menjadi milenial cakap yang dapat mengembangkan keterampilan menenun untuk meningkatkan pendaaptan ekonominya.

Harapan itu disampaikan Ketua Dekranasda Nagekeo Eduarda Y. P Gati setelah penutupan pelatihan tenun ikat di Aula Setda Nagekeo, Selasa 23 November 2021.

"Harapan kami, anak-anak yang telah mengikuti pelatihan tenun ikat bisa menjadi milenial yang cakap menenun dan cakap berwirausaha dengan terus menenun sehingga dengan menenun mereka bisa mendapatkan penghasilan," ungkapnya.

Ia menegaskan bahwa, keterampilan yang dipelajari selama pelatihan tenun ikat tidak akan bermanfaat jika tidak tidak diteruskan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Baca juga: Buka Kegiatan Kursus Mahir Dasar, Bupati Nagekeo Ajak Pramuka Perhatikan Lingkungan

"Selain mereka menenun, mereka juga bisa memasarkan hasil tenun sehingga mereka bisa dapat uang, bahkan menjadikan tenun sebagai pekerjaan pokok mereka," ujarnya.

Menurutnya, dengan menenun, maka mimpi untuk mewariskan budaya masyarakat di Kabupaten Nagekeo dapat dilestarikan dengan baik oleh generasi muda.

"Dan yang paling penting, selain mereka mendapatkan uang mereka juga yang akan mewarisi budaya nenek moyang kita," jelasnya.

Ia memastikan, para peserta yang mengikuti pelatihan tersebut sudah mampu menunjukan keterampilan menenun dengan hasil yang baik.

Baca juga: Bupati Nagekeo Tawarkan Dua Opsi Terkait Status Lahan Pasar Boawae

"Karena ada 59 lembar kain yang dihasilkan dari kegiatan pelatihan ini dan mereka tunjukan melalui kegiatan fashion show malam ini," ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved