Breaking News:

Berita Pemprov NTT

Direktur IFAD Apresiasi Komitmen Pemda Dalam Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu

program yang telah didiskusikan, direncanakan bersama untuk peningkatan kesejahteraan kelompok binaan

Penulis: Gerardus Manyela | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/GERADUS MANYELA
Kunjungan kelompok petani dan rumput laut. 

POS KUPANG.COM, WAINGAPU --Direktur International Fund for Agricultural Development (IFAD), Ivan Cortez mengapresiasi pemerintah daerah di NTT lebih khusus Pemda Sumba Timur yang cepat melaksanakan progran TEKAD (Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu).

Di NTT ada 60 desa sasaran yang tersebar di Kabupaten Sumba Timur, Manggarai dan Ngada

Ivan yakin semua akan berjalan sukses untuk kemajuan daerah. Dari hasil presentase Kadis PMD Sumba Timur, Franki Ranggabani, Sumba Timur sudah melakukan kegiatan yang benar tinggal tindaklanjutnya. 

Ivan berharap para pengelola TEKAD bersama pemda menggali betul potensi ekonomi madyarakat dan melibatkan mereka dalam diskusi-diskusi. Masyarakat harus paham betul program dan manfaatnya.

Ivan mengatakan itu dalam pertemuan dengan Pemda Sumba Timur, TEKAD, NMC, MPC dan fasilitator di ruang rapat Sekda, Kamis 18 November 2021.

Baca juga: Sumba Timur Nominasi Tiga Besar Daerah Paling Inovatif Berdasarkan Indeks Inovasi Daerah 2021 

Sekda Sumba Timur, Domu Warandoy yang memandu pertemuan itu menyampaikan terima kasih atas kedatangan Direktur IFAD, Ivan Cortez, Tesk Team Leader TEKAD, Anisa Pertiwi dan Direktur Pengembangan Prodag Unggulan Desa Kemendes PDTT, Semy Leroy Uguy serta rombongan yang telah memberi perhatian kepada masyarakat Sumba Timur.

Sekda memaparkan, Sumba Timur terdapat 22 kecamatan, 140 desa dan 16 kelurahan dengan jumlah penduduk 250 ribu jiwa. Dari jumlah ini empat kecamatan ditetapkan sebagai wilayah sasaran program TEKAD. Dia berharap kehadiran program ini dapat membantu pemerintah menurunkan angka kemiskinan.

Kadis PMD Sumba Timur, Franki Ranggabani dalam paparannya mengatakan 4 kecamatan sasaran TEKAD yakni Umalulu, Tabundung, Kahaungu Eti dan Paberiwai.Masing-masing kecamatan terdapat 5 desa, jadi total desa sasaran sebanyan 20. 

Dia memaparkan partisipasi masyarakat laki-laki 33,33 persen dan perempuan 66,67 persen dan koordinasi lintas sektor berjalan baik.

Baca juga: Kapolda NTT Apresiasi Percepatan Vaksin Presisi di Sumba Timur

Jumlah desa sasaran dan tim koordinasi telah ditetapkan dengan SK Bupati.Pihaknya juga telah merekrut fasilitator TEKAD di kecamatan dan desa. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved