Berita Rote Ndao

Rote Ndao Lampaui Target Vaksinasi, Kadis Kesehatan Nelly: Kami Genjot Pecepatan Vaksin Dosis Kedua

Rote Ndao Lampaui Target Vaksinasi, Kadis Kesehatan Nelly: Kami Genjot Pecepatan Vaksin Dosis Kedua

Penulis: Ray Rebon | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/RAY REBON
Nelly Feby Riwu, Kadis Kesehatan Rote Ndao 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ray Rebon

POS-KUPANG.COM, ROTE NDAO--Program percepatan vaksinasi saat ini masih difokuskan semua daerah di Wilayah Provinsi NTT, khususnya di Kabupaten Rote Ndao guna menekan penyebaran virus Covid-19 atau percepatan herd immunity masyarakat.

Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Rote Ndao, masih terus dilaksanakan.

Partisipasi warga pun ikut bertambah, dan hal ini pun berdampak positif terhadap pencapaian target dalam pelaksanaanya.

"Kita sudah lewat target vaksinasi dosis pertama," kata Kadis Kesehatan Rote Ndao, Nelly Feby Riwu kepada Pos-Kupang.Com, Rabu 24 November 2021.

Menurut Nelly, dengan posisi yang terekap per hari Senin 22 November 2021 saja, Rote Ndao 59,34 persen dosis pertama.

"Pencapaian ini secara keselurahan dari sasaran vaksinasi hingga Senin 22 November 2021," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao, Nelly Feby Riwu.

Kadis Kesehatan pun merinci sasaran atau target yang telah divaksin dosis pertama yakni dari presentasi tersebut (60,35 persen), diperoleh 936 orang dari Nakes yang ditargetkan sebanyak 792 dengan presentasi 118,18 persen. Lansia, 5.446 dari 12.430, atau 43,81 persen.

Kemudian pelayan publik, 12.182 dari 13.110 dengan presentasi 92.92 persen.

Selanjutnya, untuk masyarakat umum, dari 58.419, telah divaksin 30.294 (51,86 persen) dan remaja, 15.584 , 11.415 sudah menjalani vaksinasi atau 75.22 persen.

Walau demikian, dalam pelaksanaanya, Kata Kadis Nelly selain melayani vaksin dosis pertama juga tak menampik untuk melayani kebutuhan vaksin dosis kedua.

Dia pun mengakui bahwa hingga saat ini pemerintah Rote Ndao selalu gencar melaksanakan vaksinasi dosis pertama maupun dosis kedua.

"Dosis dua pun demikian. Kami masih terus berusaha untuk menyelesaikan. Jumlahnya cukup lumayan. Yang saat ini sudah mencapai 21.99 persen atau sebanyak 22.025 sasaran yang telah divaksin dosis kedua," ungkapnya.

"Di sini kita melihat bahwa, progres vaksinasi Lansia juga sudah mencapai 42,63 persen jadi sudah melampaui target 40 persen sebenarnya. Progresnya bagus untuk vaksinasi ini. Cuman ya, ada penambahan kasus Covid-19, yang butuh penanganan," tambah Kadis

Nelly menyampaikan melihat dari penambahan kasus dari Lapas Kelas III Ba'a, bahwa yang terkena itu rata telah mengikuti vaksinasi dosis satu maupun ada yang sudah lengkap. Sehingga, masyarakat Rote Ndao, harus tetap dan wajib taat prokes.

Dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, pemerintah tak henti-hentinya menyuarakan untuk ketat protokol kesehatan. Dalam setiap momen kunjungan maupun kegiatan pemerintahan, Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, terus mengingatkan warganya untuk tak lengah memperhatikan prokes.

Menurutnya, selain menjalani vaksinasi, prokes juga tak kalah pentingnya. Sebab, virus akan lebih cepat menular dengan rendahnya penerapan prokes, yang kemudian bisa menimbulkan klaster baru dan membahayakan diri sendiri dan juga keluarga. (*)

Baca Berita Rote Ndao Lainnya

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved