Breaking News:

Berita Manggarai Barat

Politeknik El Bajo Gelar FGD Bahas Perumusan Akselerator Daerah dan Peta Mitra

Politeknik El Bajo di Manggarai Barat menggelar Focus Group Discussion ( FGD) terakhir dalam rangkaian Program Menara Vokasi Labuan Bajo

Editor: Kanis Jehola
Dok. Politeknik El Bajo
Kegiatan FGD 

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG- Politeknik El Bajo di Manggarai Barat menggelar Focus Group Discussion ( FGD) terakhir dalam rangkaian Program Menara Vokasi Labuan Bajo 2021 telah sukses dilaksanakan pada Selasa, 23 November 2021 di Hotel La Prima Labuan Bajo.

Dalam keterangan tertulisnya, Rabu 24 November 2021, kegiatan itu menghadirkan Wakil Ketua DPRD Manggarai Barat, Marselinus Jeramun dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Theresia P. Asmon sebagai narasumber di sesi pertama.

Diskusi berjalan lancar dan melahirkan beberapa rumusan dari masing-masing perwakilan pentahelix. Sesi ini membahas perumusan Regulasi Spesifik dan Peta Jalan Ketenagakerjaan.

Sebagai pemantik diskusi, Wakil Ketua Marselinus Jeramun menyampaikan beberapa kondisi di daerah Manggarai Barat seputar ketenagakerjaan, di antaranya adalah seputar upah, jam kerja, serta mekanisme perekrutan tenaga kerja daerah.

Dia sangat mengapresiasi kehadiran Politeknik eLBajo Commodus di Manggarai Barat yang telah menginisiasi kegiatan diskusi dimana perwakilan pentahelix turut mendorong lahirnya Perda Ketenagakerjaan Kabupaten Manggarai Barat.

Masih di sesi pertama, Theresia P. Asmon memaparkan kebijakan ketenagakerjaan di Kabupaten Manggarai Barat. Ia mengungkapkan beberapa data dari hasil laporan BPS yang dirilis awal tahun 2021.

Berdasarkan hasil Sakernas, Angkatan Kerja Manggarai Barat Tahun 2020 sebanyak 124.105 orang dengan tingkat partisipasi angkatan kerja sebesar 78,52%.

Thersia juga menyampaikan tiga rencana program pembangunan daerah yang meliputi Program pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja, Program penempatan tenaga kerja, dan Program hubungan industrial.

FGD pada sesi 2 digelar secara hybrid yang membahas Pembentukan Peta Jalan Komite Vokasi Daerah dan menghadirkan tiga narasumber yaitu Direktur Perumda Bidadari, Werry Tan, Wakil Ketua Kadin Manggarai Barat Servasius Irwan Budi Setiawan, serta secara daring dengan perwakilan dari Tim Menara Vokasi Mitrasdudi Kemendikbudristek Hedy R. Agah.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved