Breaking News:

Berita Manggarai Barat

Basarnas Gelar Pemasyarakatan, Sosialisasi Penyuluhan Pencarian dan Pertolongan di Labuan Bajo

Basarnas Gelar Pemasyarakatan, Sosialisasi Penyuluhan Pencarian dan Pertolongan di Labuan Bajo

Penulis: Gecio Viana | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/GECIO VIANA
Foto bersama dalam pemasyarakatan, sosialisasi dan penyuluhan pencarian dan pertolongan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Rabu 24 November 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Via

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Orang ( Basarnas) menggelar pemasyarakatan, sosialisasi dan penyuluhan pencarian dan pertolongan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Rabu 24 November 2021.

Sebanyak 52 peserta yang disebut potensi SAR (search and rescue) mengikuti kegiatan tersebut. 

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Bupati Mabar, dr Yulianus Weng itu dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Mabar dan diikuti masyarakat Labuan Bajo dari berbagai latar belakang dan komunitas

Direktur Bina Potensi Basarnas, Drs Mochamad Hernanto, MM mengatakan, kegiatan kolaborasi yang dilakukan Basarnas bersama masyarakat itu dilakukan untuk memberikan pemhaman dasar Pencarian dan Pertolongan di Labuan Bajo

"Kolaborasi ini agar mereka tahu apa itu SAR, dan dalam hal mereka punya rasa untuk saling tolong menolong bila terjadi musibah. Di mana di dalamnya kami memberikan substansi dasar basarnas, visi misi basarnas dan kami berikan ilmu dasar," katanya.

Baca juga: Banjir Bandang di Ngada, Basarnas Maumere dan Semua Potensi Sar Laksanakan Operasi

Dijelaskan, hal penting yang dilakukan yakni membumikan call cantre Basarnas yakni 115.

"Kami sosialisasikan 115 yang merupakan call centre dari Basarnas, sehingga apabila terjadi musibah, akan segera menghubungi call centre kami. Sehingga teman-teman dari basarnas dan potensi SAR dapat memberikan pertolongan," ujarnya. 

Diakuinya, hal tersebut dilakukan karena jumlah personel SAR yang masih kurang di lapangan. 

"Kami bekali kemampuan mereka karena personel kami kurang, sehingga kami bekali potensi SAR, karena mereka merupakan relawan yang membantu basarnas. Kenapa mereka, karena mereka merupakan ujung tombak tindak awal operasi SAR. Jadi saat mendengar ada informasi dari 115 maka dia akan langsung bergerak duluan untuk membantu. Sehingga Ilmu SAR benar-benar kami berikan dan bagikan kepada semua orang termasuk potensi SAR," katanya. 

Wakil Bupati Mabar, dr Yulianus Weng mengapresiasi kegiatan yang digelar Basarnas. 

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat Labuan Bajo sekaligus mendukung sektor pariwisata. 

"Dengan ada kegiatan ini kita tetap siaga bencana dan diharapkan saat ada bencana ada tenaga-tenaga dari masyarakat yang siap membantumereka.  Sehingga, saat terjadi sesuatu ada yang mengarahkan dan tidak panik, karena ada yang memberikan pertolongan pertama saat terjadi hal yang tidak kita inginkan seperti kecelakaan di laut sudah ada orang yang siap," katanya. 

Pihaknya berharap, kegiatan tersebut dapat dilakukan secara berkelanjutan di Labuan Bajo. (*)

Baca Berita Manggarai Barat Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved