Breaking News:

Berita Kota Kupang

Satgas Covid-19 Sikumana Kota Kupang Layani Vaksinasi di Fatukoa

Tim Satgas Penanganan Covid-19 dari UPTD Puskesmas Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, melayani vaksinasi di Fatukoa

Penulis: Kanis Jehola | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/KANIS JEHOLA
UPTD Puskesmas Sikumana 

Laporan wartawan POS-KUPANG.COM, Kanis Jehola

POS-KUPANG.COM, KUPANG – Tim Satgas Penanganan Covid-19 dari UPTD Puskesmas Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, melayani vaksinasi bagi masyarakat di Gereja GMIT Anak Sulung dan Gereja Istana Kasih Fatukoa, Senin, 23 November 2021. Akibatnya, puluhan warga yang datang menerima vaksin di UPTD Puskesmas Sikumana terpaksa harus pulang dengan kecewa karena tidak menerima vaksin.

“Hari ini petugas layani vaksinasi di gereja Fatukoa Pak. Jadi kalau mau menerima vaksin datang besok saja, karena besok petugas layani vaksinasi disini (Puskesmas Sikumana),” kata seorang petugas berseragam APD lengkap kepada warga yang menunggu di Puskesmas Sikumana, Senin pagi.

Petugas itu menjelaskan, pihak puskesmas sudah mengumumkan jadwal vaksin itu. Meski demikian, seorang ibu mempersoalkan kenapa tidak adanya pelayanan di Puskesmas itu tidak disampaikan melalui layanan SMS atau WA. “Kan nomor kami yang akan divaksin hari ini sudah ada di petugas,” kata ibu itu.

Kepala UPTD Puskesmas Sikumana, dr. Maria yang dihubungi melalui layanan WhatsApp, mengakui adanya pelayanan vaksin di di Gereja GMIT Anak Sulung dan Gereja Istana Kasih Fatukoa itu.

Ketika ditanya adanya warga yang mengeluh karena tidak adanya pelayanan di Puskesmas Sikumana, dr. Maria malah balik bertanya. “Yang benar pak. Semoga orang lebih mudah berterima kasih daripada mengeluh,” katanya.

Ditanya kenapa tidak disampaikan/diumumkan kepada penerima vaksin yang jadwalnya harus terima hari ini (Senin, 23/11/2021) dok, dr. Maria mengirim jadwal pengumuman tersebut kepada Pos-Kupang.Com. “Ini pengumuman kami, kenapa pak.”

Ketika ditanya lagi, dimana pengumumannya, dr. Maria mengatakan, “apakah saya harus antarkan ke bapak kah. Pengumuman ada di puskesmas,” katanya.

Ditanya lagi kalau ada warga penerima vaksin yang protes kenapa tidak disampaikan ke nomor masing-masing penerima vaksin yang jadwalnya sudah ditetapkan hari ini ( Senin 23/11/2021) karena nomor sudah ada di petugas, karena kalau disampaikan melalui layanan SMS atau WA orang yang sudah dapat jadwal, mereka tidak akan buang-buang waktu datang ke puskesmas, dr. Maria hanya jawab singkat. “Terima kasih untuk masukan,” kata dr. Maria.   

Sementara menurut data Satgas Penanganan Covid-19 Kota Kupang melalui juru biacanya,  Ernest Ludji,S.STP,M.Si, Senin (23/11/2021), sampai saat ini tingkat vaksinasi Covid-19 dosis II atau tahap II di Kota Kupang sudah berada pada angka 61.14 persen. Jumlah penerima vaksin dosis 2 ini sebanyak  203.966 orang. Sedangkan vaksinasi dosis 1 berada pada  84.39 persen atau 281.543 penerima.

"Capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Kupang terus meningkat, baik vaksinasi tahap 1 maupun tahap II. Kita juga berharap masyarakat ikut mendukung program vaksinasi demi kepentingan bersama," kata Ernest.

Dijelaskan, target vaksinasi di Kota Kupang 333.628 penerima dan untuk dosis 1  sudah 84 persen lebih. Diharapkan sampai akhir tahun ini bisa mencapai 90 persen. Sementara vaksinasi dosis 3 saat ini  sebanyak 2.962 orang atau sudah 85.26 persen.  (kas)

Baca Berita Kota Kupang Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved