Breaking News:

Bupati Sarai Serahkan 10 Unit Mobil Angdes Kepada Para Kades

Bantuan mobil angkudes ini untuk meningkatkan konektivitas antar desa, desa dengan kecamatan dan desa dengan kota kabupaten.

Penulis: Gerardus Manyela | Editor: Gerardus Manyela
Pos-Kupang.Com/ISTIMEWA
BERITA ACARA -Bupati Sabu Raijua, Nikodemus Rihi Heke menyerahkan berita acara bantuan mobil angkutan pedesaan kepada para kepala desa di halaman rujab, Sabtu (20/11/2021). 

Laporan Wartawan POS KUPANG.COM, Gerardus Manyella

POS KUPANG.COM, SEBA -Bupati Sabu Raijua, Drs. Nikodemus N. Rihi Heke, M. Si didampingi Wakil Bupati, Yohanis Uly Kale, Plt. Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ir. Mansi R. Kore Pimpinan OPD, para Camat dan Kepala Desa serta undangan lainnya, menyerahkan 10 unit mobil angkutan perdesaan (Angdes) kepada 10 orang kepala desa di halaman rumah jabatan, Sabtu 19 November 2021.

Penyerahan mobil itu disaksikan para camat dan Ketua BPD.
Mobil tersebut terdiri dari delapan unit mobil pikap dan dua unit bus.

Desa - Desa yang mendapat mobil tersebut masing-masing Desa Wadulla, Desa Ledeke, Desa Loborui, Desa Wadu Meddi, Desa Guri Mone Aru, Kelurahan Limaggu, Desa Keduru Desa Matei, Desa Ledeana, dan Desa Menia. Penyerahan mobil didahului dengan penandatangan berita acara penyerahan oleh masing-masing kepala desa.

Dalam siaran pers yang dikirim Nelson Lay Lado, Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sabu Raijua, Senin, 22 November 2021, Bupati Sabu Raijua Drs. Nikodemus N. Rihi Heke, M.Si dalam sambutannya mengatakan, sejak tahun 2017, 2019 dan 2021 berturut- turut Kabupaten Sabu Raijua mendapat kendaraan dari pemerintah pusat.

Lanjut Bupati Nikodemus, tahun 2017 mendapat 30 unit mobil, tahun 2019 mendapat 10 unit mobil pikap dan 4 unit mini bus, tahun 2021 mendapat 8 unit pikap dan 2 unit bus.

Dijelaskan tujuan diserahkannya mobil mobil angkutan pedesaan ini kepada para kepala desa untuk memberikan aksessibilitas antar desa yang satu dengan desa yang lainnya serta menghubungkan desa dengan pusat pemerintahan, pusat ekonomi yang ada serta mendekatkan lokasi sekolah dengan para suswa/i.

Dengan demikian, BUMDES diminta untuk memiliki kepekaan dan pemahaman terhadap kondisi yang dihadapi oleh masyarakat.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sabu Raijua, Dra.Utik Wibowati dalam laporannya mengatakan, kendaraan transportasi pedesaan tersebut untuk meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas dari dusun ke dusun dari desa ke desa atau dari desa ke kecamatan atau dari desa ke kota kabupaten dan seterusnya.

Menurut Utik , kebijakan ini sangat terkait dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua periode 2021- 2026.

Lanjut Utik penyerahan mobil yang dilakukan sangat membantu masyarakat, khususnya dalam bidang transportasi.

Kepala Desa Ledeana, Tontje Djara Tiri ketika dihubungi secara terpisah oleh reporter RSPD mengatakan, untuk mendapatkan mobil angkutan pedesaan seperti ini ada persyaratan yang harus dipenuhi dan salah satunya harus memiliki badan usaha seperti Bumdes atau badan usaha lain yang terdaftar di notaris.

Menurut Kepala Desa Ledeana, angkutan pedesaan tersebut merupakan alat transportasi perintis di desa dan bisa melakukan kerja sama dengan pihak ketiga, salah satunya BUMDes karena BUMDes sudah berbadan hukum dan terorganisir secara baik serta memiliki kepengurusan yang jelas dan lengkap sesuai AD/ART.(*)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved