Breaking News:

Laut China Selatan

Laut China Selatan Memanas, Tiongkok Nekat Kerahkan Kapal Perang hingga Jet Tempur

Sudah bukan rahasia lagi, Laut China Selatan dalam beberapa waktu terakhir memang menjadi kawasan panas.

Editor: Gordy Donofan
Haydn N. Smith/US Navy via AP
Ilustrasi : Kapal induk kelas Nimitz USS Carl Vinson (CVN 70), kapal penjelajah rudal kelas Ticonderoga USS Lake Champlain (CG 57), dan kapal perusak rudal kelas Arleigh Burke USS Chafee (DDG 90) melakukan upacara kelulusan dengan kapal perusak kelas Murasame JMSDF JS Ikazuchi (DD 107) dan kapal perusak rudal kelas Kongo JS Chokai (DDG 176) di Samudra Pasifik, 19 September 2021. 

POS-KUPANG.COM - Sebuah kabar mengejutkan datang dari isu keamanan di wilayah Laut China Selatan yang berbatasan dengan sejumlah negara di Asia termasuk Indonesia.

Sudah bukan rahasia lagi, Laut China Selatan dalam beberapa waktu terakhir memang menjadi kawasan panas.

Sejumlah negara disebut miliki kepentingan di kawasan tersebut hingga tak segan mengerahkan militer mereka.

Tak sampai di situ saja, sejumlah analis mengutarakan bahwa bila kondisi seperti sekarang tak segera di atasi makan perang dunia ketiga diprediksi bisa terjadi dalam waktu dekat.

Sejumlah penyebab memanasnya situasi di Laut China Selatan memang tak bisa dipungkiri karena perebutan wilayah.

Baca juga: 300 Kapal Milisi Maritim China Hadir di Kepulauan Spratly Laut China Selatan Kapan Saja

Salah satunya yang terjadi antara China dengan sejumlah negara di kawasan tersebut tanpa terkecuali Indonesia dalam beberapa tahun terkhir.

Bahkan yang terakhir, Filipina sampai mengutuk perbuatan otoritas perbatasan pemerintah Tiongkok di kawasan Laut China Selatan.

Melansir dari Reuters, Kamis (18/11/2021) Filipina menerima laporan soal tindakan tiga kapal penjaga pantai China yang dinilai keterlaluan.

Tiga kapal perbatasan tersebut dikabarkan memblokir dan menggunakan meriam air pada kapal-kapal pemasok menuju wilayah Filipina.

Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin mengatakan tidak ada yang terluka dalam insiden Selasa di Second Thomas Shoal.

Halaman
123
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved