Breaking News:

Berita Manggarai Barat

Dukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Dinkes Mabar Gelar Pertemuan Peran Dunia Usaha Swasta 

Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), menggelar Pertemuan Peran Dunia Usaha Swasta dalam mendukung Gerakan Masyarakat Hidup

Penulis: Gecio Viana | Editor: Ferry Ndoen
pk/gecio viana
Foto bersama dalam Pertemuan Peran Dunia Usaha Swasta dalam mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Mabar, Rabu 18 November 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO -Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), menggelar Pertemuan Peran Dunia Usaha Swasta dalam mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) menuju masyarakat yang hidup bersih dan sehat serta berkualitas.

Kegiatan tersebut dilakukan pada Rabu 18 November 2021 di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Mabar. 

Pertemuan ini dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Setda Mabar, Ismail Surdi didampingi L
Kepala Dinas Kesehatan, Paulus Mami.

Tujuan dari kegiatan ini untuk menghasilkan komitmen bersama lintas sektor dan dunia usaha swasta untuk mengimplementasikan GERMAS di lingkungan masyarakat dan meningkatkan koordinasi dan advokasi lintas sektor dalam rangka mewujudkan pelaksanaan GERMAS. 

Baca juga: Warga Desa Golo Ndoal Kabupaten Mabar Keluhkan Jalan Noa-Mejer Rusak 

GERMAS merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI melalui Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang GERMAS, di mana mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat. 

Asisten Ismail Surdi mengatakan, derajat kesehatan seseorang sangat dipengaruhi oleh faktor keturunan, ketersediaan dan akses terhadap pelayanan kesehatan berkualitas, sosial budaya dan faktor lingkungan. 

"Upaya promotif dan preventif merupakan upaya yang sangat efektif untuk mencegah meningkatnya  kesakitan dan kematian. Hal ini  memerlukan gerakan yang sistemis dan terus menerus, untuk mendorong masyarakat berprilaku hidup sehat," katanya dalam rilis yang diterima POS-KUPANG.COM, Jumat 19 November 2021.

GERMAS, lanjut dia, merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. 

"Dengan GERMAS, diharapkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat semakin meningkat," ungkapnya

Ismail menegaskan, untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran sektor lainnya juga turut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat. 

"Mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi profesi dalam menggerakkan anggotanya untuk berperilaku sehat, termasuk kita semua yang hadir di ruangan ini pada hari ini," ucap Ismail Surdi

Pihaknya berharap, seluruh peserta pertemuan tersebut dapat memberikan pernyataan komitmen sesuai dengan bidang tugasnya untuk komitmen dan konsisten menerapkan kegiatan-kegiatan GERMAS dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, tempat kerja maupun di lingkungan lainnya.

"Saya mengajak kita semua yang hadir untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik dan selanjutnya pada akhir kegiatan ini bersedia untuk membuat pernyataan komitmen yang nantinya akan kita evaluasi pelaksanaannya pada pertemuan- pertemuan selanjutnya," pungkasnya *)

Berita Manggarai Barat Lainnya : 

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved