Undana Lakukan Peningkatan Produktivitas Manajemen Berbasis e-Commerce pada Kelompok VCO Alamanda

Undana Lakukan Peningkatan Produktivitas Manajemen Berbasis e-Commerce pada Kelompok VCO Alamanda

Editor: Gordy Donofan
Humas Undana untuk Pos-Kupang.Com
PESERTA- Para peserta dan instruktur kegiatan ini. 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Saat ini pertumbuhan e-mommerce sangat pesat dan menghasilkan distrupsi dalam bisnis. Dampaknya, terjadi pergeseran gaya belanja dari konvensional ke online.

Hal ini di dukung oleh perkembangan teknologi.

Demikian halnya Kelompok Perempuan GMIT Horeb Oebatu yang tergabung dalam VCO Alamanda.

Melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan sumber pendanaan DIPA LP2M, Undana melakukan PKM Peningkatan Produktifivitas dan Manajemen
Pemasaran Berbasis Online (e-commerce) pada Kelompok VCO Alamanda.

PPM ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan pemasaran produk VCO Alamanda dengan memanfaatkan teknologi digital.

Baca juga: Undana-Save the Children Luncurkan Literasi Disiplin Positif Ke Dalam Kurikulum Pendidikan Guru SD

Bertempat di Gereja Horeb Oebatu, Desa Sumlili, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, tim PKM yang di Ketuai Dr. Rolland E. Fanggidae, hadir bersama Pimpinan FEB Undana dan tim dosen Prodi manajemen mengadakan kegiatan berupa pelatihan pada Minggu, 14 November 2021.

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FEB Undana, Christien C. Foenay, S.T, S.E, M.Si. Dalam sambutannya ia menekankan pentingnya kebersihan dalam proses produksi yang akan menghasilkan produk yang berkualitas.

Di sisi lain melalui PKM ini diharapkan VCO Alamanda dapat dijual secara luas dengan memanfaatkan marketplace dan media sosial yang ada.

Dekan FEB yang didampinggi Dr. Paulina Amtiran sebagai Tim PKM menyerahkan beberapa peralatan pendukung e-commerce dan Inovasi Produk VCO Alamanda.

Dalam PKM ini Kelompok Perempuan GMIT Horeb Oebatu juga melibatkan peserta dari kaum muda gereja. Ketua Majelis Jemaat GMIT Horeb Oebatu, Pdt. Netty Dubu menjelaskan keterlibatan generasi muda diharapkan dapat membantu kelompok usaha dalam memasarkan produk mereka khususnya bagi mereka yang tidak paham teknologi.

Kaum muda juga sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini karena mereka mendapatkan pengetahuan yang baru dan merasa diberdayakan.

Baca juga: Bantu Masyarakat, Mahasiswa Pasca Sarjana IKM Undana Gelar Vaksinasi Bagi Para Lansia

Materi pelatihan disampaikan oleh alumni Prodi Manajemen Anto Hattu terkait Kaum Muda dan Wirausaha dan materi tentang E-Commerce dan Aplikasinya oleh Klaasvakumok Kamuri, S.IKom, M.M.

Selain kegiatan PKM dilakukan juga kegiatan inovasi produk VCO Alamanda sebagai keberlanjutan pendampingan usaha bagi Kelompok Perempuan GMIT Horeb Oebatu. Kelompok usaha ini telah menjadi mitra binaan program studi manajemen sejak tahun 2019. Awal pelatihan dilakukan pembuatan VCO.

Hingga saat ini, usaha tersebut telah berjalan dengan sangat baik dan terus memberikan peningkatan ekonomi bagi masyarakat setempat. Akan tetapi, dari VCO yang dijual, terdapat juga VCO yang tidak layak dikonsumsi atau dikenal degan limbah VCO yang selama ini dibuang oleh kelompok usaha.

Sesungguhnya limbah VCO ini dapat diolah menjadi produk lain yang bernilai eknomis berupa sabun (Alamanda Soap).

Kegiatan ini selain untuk memerkenalkan inovasi produk, juga membantu meningkatkan nilai ekonomi VCO yang tidak layak konsumsi serta sebagai bentuk kepedulian lingkungan.

Kegiatan inovasi produk dipandu oleh Pendeta Netty S. Dubu, M.Si. Materi Kewirausahaan disampaikan oleh Anton Nyoko, MMT dan Dra. Wehelmina M. Ndoen, M.M, denggan harapan Kelompok Usaha Perempuan GMIT Horeb Oebatu dapat terus mengembangkan usaha dan melakukan inovasi. (*/humas undana/pol).

Berita Undana Kupang Lainnya

Sumber: Pos Kupang
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved