Breaking News:

Berita Pemprov NTT

Otoritas Jasa Keuangan Mengajar di NTT Diharapkan Beri Pemahaman Bagi Mahasiswa

beberapa waktu terakhir memang membuat keresahan sosial. Untuk itu, generasi muda perlu dibekali dengan literasi digital

Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/IRFAN HOI
Pelaksanaan OJK mengajar  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG -- Menjelang peringatan satu dasawarsa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejumlah kegiatan diselenggarakan.

Di NTT, OJK menggelar kegiatan bertajuk OJK mengajar melibatkan mahasiswa, yang diharapkan bisa memberi pemahaman bagi mahasiswa di tiap daerah.

Kepala OJK Provinsi NTT, Robert H.P Sianipar, Kamis 18 November 2021, mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian acara peringatan 10 tahun OJK yang digelar serentak di seluruh Indonesia.

"Tentunya melibatkan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi. Tentu, yang ingin kita capai, kita ingin mahasiswa sebagai penerus bangsa punya pemahaman. Pertama mereka kenal OJK, lembaga yang melakukan pengawasan di industri keuangan," jelas Robert.

Baca juga: Tanggapan Anggota DPRD NTT Leonardus Lelo Soal Penyitaan Aset Pemprov NTT Oleh Kejati NTT 

Selain itu, diharapkan juga mahasiswa bisa memahami literasi keuangan.

Hal itu untuk mendorong inklusi keuangan karena itu sangat penting. Setidaknya, menurut Robert, mahasiswa punya pemahaman literasi.

Dengan kegiatan ini juga, mahasiswa menjadi duta literasi bagi sesama dilingkungannya agar mencegah hal terburuk terjadi di sektor keuangan, semisal pencegahan pinjaman online ilegal.

"Kita harapkan generasi muda punya kecerdasan pada sektor keuangan ini," ujarnya.

Robert menjelaskan, maraknya pinjaman online (pinjol) ilegal beberapa waktu terakhir memang membuat keresahan sosial. Untuk itu, generasi muda perlu dibekali dengan literasi digital.

Langkah OJK mengajar ini juga untuk mengantisipasi pinjol ilegal yang diketahui banyak masuk melalui jejaring komunikasi memanfaatkan perkembangan teknologi.

Baca juga: Temuan BPK, Pemprov NTT Ajukan Ranperda Penyertaan Modal Bank NTT

"Nanti kalau ada penawaran masuk, mereka ragu, mereka tauh mau tanya kemana. Makanya kita kasih tauh tadi ada nomor kontak tadi, WA, website itu mereka bisa cek disitu," kata Robert. 

Dia mengaku mahasiswa dalam kegiatan ini sangat antusias, apalagi bahan yang dipaparkan berkaitan dengan pinjol ilegal.

Rangkaian kegiatan peringatan 10 tahun OJK ini juga, telah menyasar para pelajar di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan menggelar lomba cerdas cermat. (*)

Berita Pemprov NTT Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved