Breaking News:

Berita Belu

Penjelasan Sekda Belu Soal Prioritas Pemanfaatan Dana Pinjaman Daerah

Pemerintah Kabupaten Belu melakukan pinjaman daerah senilai Rp 200 M untuk percepatan pembangunan di Kabupaten Belu

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Sekretaris Daerah, Johanes Andes Prihatin, SE, M. Si 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM,  Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM, ATAMBUA - Pemerintah Kabupaten Belu melakukan pinjaman daerah senilai Rp 200 M untuk percepatan pembangunan di Kabupaten Belu. 

Prioritas penggunaan dana ini untuk peningkatan akselerasi penyediaan infrastruktur pelayanan publik, terutama di Kota Atambua sebagai wajah Kabupaten Belu dan juga wajah Indonesia karena sebagai kabupaten perbatasan.

Kriteria penggunaan dana ini sesuai dengan PP 56 tahun 2018 tentang Pinjaman Daerah. 

Hal ini dijelaskan Sekretaris Daerah, Johanes Andes Prihatin, SE, M. Si ketika dikonfirmasi Pos Kupang. Com, Kamis 18 November 2021.

JAP demikian sapaan Sekda Belu mengemukakan, pemerintah melakukan pinjaman daerah karena suatu kebutuhan dalam membiayai pembangunan. Mengingat APBD Kabupaten Belu tahun 2022 hanya 930 lebih miliar sementara perhitungan belanja daerah berdasarkan prioritas pembangunan mencapai satu triliun lebih sehingga terjadi devisit.

Baca juga: Sekda Belu Tegaskan ASN Fokus Kerja. Jangan Terpengaruh Isu Mutasi

Untuk menutup devisit ini, perlu ada gebrakan dari pemerintah sehingga belanja publik yang sudah direncanakan bisa terealisasi dan masyarakat bisa segera manfaatkan hasil pembangunan. 

Ketika pinjaman daerah senilai Rp 200 M sudah realisasi maka belanja daerah Kabupaten Belu tahun 2022 mencapai satu triliun lebih. Semakin besar belanja pembangunan infrastruktur pelayanan publik semakin cepat pula perkembangan  pembangunan di Kabupaten Belu

Lanjut JAP, pinjaman daerah ini juga sebuah langkah strategis pemerintah untuk mendatangkan uang. Ia mencontohkan, untuk mendapatkan investasi berskala besar, pemerintah harus mengeluarkan anggaran untuk membangun infrastruktur pendukungnya. 

Menurut JAP, rencana pinjaman daerah ini sudah melalui perhitungan dan analisis yang komprehensif terhadap kemampuan keuangan daerah. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved