Breaking News:

Berita Kota Kupang

Pemkot Kupang Terima Penghargaan STBM dari Kemenkes

Pemerintah Kota Kupang ( Pemkot Kupang) menerima  penghargaan dari Kementerian Kesehatan ( Kemenkes) RI

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Sekretaris Daerah Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay, S.E.,M.Si, menyerahkan piagam penghargaan kepada Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore,M.M,M.H di Hotel Maya Kupang, Senin 15 November 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM, KUPANG -- Pemerintah Kota Kupang ( Pemkot Kupang) menerima  penghargaan dari Kementerian Kesehatan ( Kemenkes) RI dalam bidang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM).

Penghargaan berupa plakat ini diserahkan oleh Sekretaris Daerah Kota Kupang,  Fahrensy Priestley Funay, S.E.,M.Si, kepada Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore,M.M,M.H di Hotel Maya Kupang,  Senin 15 November 2021.

Turut hadir pada penyerahan ini, Ketua Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Kota Kupang, Jeffry Edward Pelt, SH, Kepala Bagian Prokompim Setda  Kota Kupang Ernest S. Ludji, S.STP.,M.Si. Wali Kota Kupang, Jefirstson mengaku  bangga dengan prestasi tersebut. 

Menurut Jefri sapaan Jefirstson,  penghargaan tersebut menunjukkan bahwa ada keinginan yang kuat dari pemerintah agar masyarakat Kota Kupang mampu mempraktikkan perilaku masyarakat yang higienis dan saniter secara mandiri, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. 

“Penghargaan  ini saya persembahkan untuk warga Kota Kupang, dengan harapan ke depan

Baca juga: Aplikasi Si Hebat Diklaim Ciptakan Efisiensi Anggaran BBM di Pemkot Kupang

akan semakin baik. Partisipasi warga Kota kupang terhadap kebersihan lingkungan memperlihatkan perkembangan yang baik dari waktu-ke waktu, sekaligus  gambaran bahwa antara upaya pemerintah dan keinginan masyarakat telah berada pada  jalan yang tepat,” kata Jefri

Sekretaris Daerah Kota Kupang  Fahrensy Priestley Funay, S.E., M.Si mengatakan,  penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)   dari Kemenkes  RI   ini diperoleh karena adanya upaya terus-menerus yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Kupang, dalam memobilisasi masyarakat untuk terlibat dalam mempertahankan layanan sanitasi berbasis masyarakat yang berkelanjutan.

Ketua AMPL Kota Kupang, Jeffry E. Pelt, SH, menambahkan konsep dasar sanitasi total berbasis masyarakat (STBM)  adalah sebuah pendekatan untuk mengubah perilaku masyarakat dengan model pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan.

Menurutnya ada tiga strategi STBM yaitu peningkatan kebutuhan (pemicuan perubahan perilaku), peningkatan penyediaan (pemasaran sanitasi) dan penciptaan lingkungan yang kondusif (Regulasi, advokasi, fasilitasi).
 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved