Breaking News:

Berita Kota Kupang

PBH Kencana Kasih Komitmen Berikan Bantuan Hukum Gratis Bagi Warga Tak Mampu 

keresahan masyarakat yang takut karena tidak memiliki uang sehingga tidak mendapatkan hak hukumnya. 

Penulis: Ryan Nong | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Tim PBH Kencana Kasih foto bersama usai diskusi bersama wartawan di Cafe Rumah Kebun, Sabtu 13 November 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong 

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU  - Perhimpunan Bantuan Hukum (PBH) Kencana Kasih menegaskan komitmen untuk terus memberikan layanan hukum secara gratis bagi warga tak mampu di Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Ketua LBH Kencana Kasih, Melkzon Beri, SH., M.Si., mengatakan perhimpunan bantuan hukum yang didirikan setahun silam itu menghimpun para advokat handal di Nusa Tenggara Timur yang terpanggil mengabdikan diri untuk memberi layanan kepada masyarakat tidak mampu 

Para advokat berkomitmen untuk memberi layanan hukum gratis kepada masyarakat tidak mampu agar mereka memperoleh hak dan kesetaraan dalam mendapatkan layanan hukum. Karena itu,  PBH Kencana Kasih minta masyarakat tak khawatir bila terjerat persoalan hukum

"Tujuan organisasi advokat kan tujuan pengabdian ke masyarakat. Kami mau memberikan pelayanan itu secara cuma-cuma bagi warga tidak mampu," tegas Ketua LBH Kencana Kasih, Melkzon Beri, SH., M.Si., dalam rilis yang diterima POS-KUPANG.COM.

Baca juga: 10 Pasien Covid-19 di Kota Kupang Masih Jalani Isolasi Mandiri

Melkzon mengatakan, di mata hukum semua manusia memiliki hak yang sama. Karena itu PBH Kencana Kasih hadir untuk menjawab keresahan masyarakat yang takut karena tidak memiliki uang sehingga tidak mendapatkan hak hukumnya. 

Melkzon memastikan PBH yang dipimpinnya itu telah terakreditasi dan terdaftar secara sah berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Nomor : AHU-0004704.AH.01.07. tahun 2020.

"Kami telah mengikuti semua tahapan pengurusan sesuai yang diatur dalam UU, baik itu verifikasi administrasi maupun survey kelayakan operasional layanan kantor. Kami terus berupaya berbenah dalam mengadvokasi dan memberikan layanan hukum bagi seluruh masyarakat pencari keadilan," tegasnya.

Hal serupa disampaikan oleh Wakil Ketua LBH Kencana Kasih, Benny Taopan SP., SH. MH,. Kencana kasih, dikelola oleh advokat-advokat profesional yang memiliki satu tujuan yakni mewujudkan masyarakat berkeadilan menuju cita-cita hukum indonesia.

Baca juga: Ini Data Cakupan Vaksinasi di Kota Kupang

"Kami telah beroperasi kurang lebih satu tahun lamanya. Ini adalah bukti keseriusan kami dalam mengedukasi, mengadvokasi dan memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat NTT. Tentunya didukung dengan advokat-advokat muda yang handal," ungkapnya.

Johanis D. Rihi, S.H., salah satu advokat senior di NTT yang saat ini telah bergabung bersama PBH Kencana Kasih menuturkan, bantuan hukum bagi masyarakat tidak mampu merupakan kontribusi akan pengabdian panggilan profesi seorang advokat.

"Kami ingin ikut berkontribusi dalam hal penegakan hukum, baik di pengadilan (litigasi), maupun diluar pengadilan (non-litigasi). Kami berharap, dengan layanan hukum yang kami berikan bisa meringankan beban masyarakat pencari keadilan," tandasnya.

Perkumpulan Bantuan Hukum Kencana Kasih, berkedudukan di Jl. TDM 1, Gang Komodo 2, Kelurahan Tuak Daun Merah, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, NTT. Saat ini, PBH Kencana Kasih diperkuat 14 orang Tenaga advokat handal dan profesional dengan kualifikasi akademik S1 dan S2. Sejak tahun 2020 hingga 2021, PBH Kencana Kasih telah menangani 93 perkara litigasi baik pidana maupun perdata. (*)

Berita Kota Kupang Terkini 

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved