Breaking News:

Berita Pendidikan

Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan Undana Kupang Transplantasi Karang Pasca Seroja

Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan Undana Kupang menggandeng berbagai pihak mengadakan transplantasi karang pasca badai seroja di Teluk Kupang, Nusa

Editor: Ferry Ndoen
Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan Undana Kupang Transplantasi Karang Pasca Seroja
Keterangan foto: Dok. Pribadi/
transplantasi terumbu karang 

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan Undana Kupang menggandeng berbagai pihak mengadakan transplantasi karang pasca badai seroja di Teluk Kupang, Nusa Tenggara Timur. Akibat Seroja telah merusak terumbu karang di perairan teluk Kupang.

Survei cepat yang dilakukan Yayasan Konservasi Alam Nusantara, Universitas Nusa Cendana (Undana), dan Universitas Muhammadiyah Kupang menunjukkan salah satu lokasi ekosistem karang yang rusak berat terdapat di perairan sekitar Namosain.

Pemulihan fungsi ekologis sesuai habitat terumbu karang perlu dilakukan melalui proses rehabilitasi ekosistem, sehingga akhirnya dapat memberikan dampak positif terhadap mata pencaharian masyarakat pesisir sebagai bagian dari fungsi ekonomi terumbu karang, terutama kepada nelayan.

Berdasarkan kondisi tersebut, maka kegiatan transplantasi karang dilakukan untuk memperbaiki ekosistem karang pada perairan sekitar Rumah Tujuh di Namosain pada tanggal 31 Oktober 2021 lalu.

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan-Universitas Nusa Cendana berinisiatif melalui skema Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh para dosen dan mahasiswa untuk merehabilitasi ekosistem karang yang rusak ini.

Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak dari instansi vertikal baik dari Kementerian Kelautan dan Perikanan seperti BKKPN Kupang, PSDKP Kupang, BPSPL Denpasar Wilker NTT, maupun dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan seperti BBKSDA NTT.

Selain itu, LSM Yayasan Konservasi Alam Nusantara, Komunitas Underwater Kupang, Komunitas Au Manekat Tasi, Komunitas Free Diving Kupang, dan masyarakat di RT 07 Kelurahan Namosain.

Transplantasi karang dilaksanakan menggunakan model Jaring Laba-Laba sesuai pedoman Kepdirjen PRL Nomor 10 Tahun 2021.

Secara singkat pada metode ini fragmen karang diikat pada rangka besi berbentuk jaring laba-laba yang telah dilapisi oleh cat tahan karat, campuran resin-katalis dan talk, serta pasir laut.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved