Breaking News:

Peparnas XVI Papua 2021

Atlet NTT Langsung Rebut 3 Perak dan 4 Perunggu. Inilah Para Peraih Medali

NTT saat ini menduduking peringkat kesepuluh di klasemen sementara dengan tiga perak dan lima perunggu.

Editor: Sipri Seko
Istimewa
Viktor Haning mengalungkan medali perunggu kepada atlet NTT, Angriani Kalelena di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Sabtu (6/11). 

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Kontingen NTT langsung merebut tiga medali perak dan empat medali perunggu pada hari pertama lomba cabang atletik Peparnas XVI Papua 2021, Sabtu 6 November 2021. Di Peparnas XVI Papua 2021, NTT hanya ikut dalam cabang olahraga atletik.

Ketua NPC NTT, Viktor Haning yang dihubungi dari Kupang, mengatakan dalam lomba yang digelar di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Sabtu pagi, Marsela Bonita Fallo berhasil meraih dua medali perak dari nomor 400m T13 putri dan lompat jauh T13 putri. Satu perak lagi direbut dari pelari Marni Natonis di nomor 1500m T 20 putri.

Sedangkan empat medali perunggu diraih oleh Christoforus Carles Renggo nomor tolak peluru F40-41 putra. Leksi Kase, lari 1500m T20 putra, Anggriani Kalelena nomor lempar lembing F45-47 putri dan Stevani Ritti T20 1500m putri.

Viktor Haning menyebutkan, NTT sebenarnya merebut satu medali perunggu lewat Yunita. Namun, jelasnya, medali Yunita tidak dihitung karena sesuai regulasi bahwa joka dalam suatu nomor hanya ada tiga peserta. Dengan demikian, hanya medali emas dan perak saja yang dihitung dalam klasemen perolehan medali, sedangkan perunggu tidak.

Viktor Haning mengatakan, di hari pertama, beberapa atlet NTT gagal menyumbangkan medali. "Beberpa atlet lain sudah berusaha, tapi belum berhasil meraih medali. Wilfridus Wene, Maria Adelia Maya, Natalia, Martinus Parera, Yusuf Neonane dan Yuni Dimu Rehe. Juga Oristo Sakan dan Endi Misa masih belum beruntung. Esron Tamonob, Mateos Selan juga belum.berhasil meraih medali," terang Viktor Haning.

Sementara Alvin Nomleni, Yosefina Abi, Stefani Riti, Marni Natonis, Juna Tamonob dan Petrus Alupan, jelas Viktor, berhasil lolos menuju babak final setelah melewati babak pertama atau penyisihan.

"Kita masih berpeluang menambah banyak medali, termasuk bisa merebut medali emas. Ada enam atlet kita yang lolos ke final. Dan masih banyak nomor lain yang akan diikuti. Artinya, peluang kita untuk menambah perolehan medali masih sangat terbuka," jelas Viktor.

Viktor mengatakan, atlet NTT selanjutnya akan kembali turun arena atau berlomba pada Senin (8/11). "Hari Minggu libur sehingga tidak ada lomba. Anak-anak kita kasih istirahat penuh, sehingga hari Senin bisa tampil maksimal. Saat ini semua dalam keadaan sehat dan siap berlomba," kata Viktor Haning.

Sebelumnya diberitakan, Pengurus National Paralimpic Comitte (NPC) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memasang target untuk meraih tiga medali emas dalam Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021. Peparnas dilaksanakan 2-15 November 2021 di Papua.

Lokasi kegiatan Peparnas tahun ini sama dengan pelaksanaan PON, yakni di Bumi Cendrawasih Papua, tepatnya di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Ketua NPC NTT, Viktor Halengki Haning mengatakan, 40 anggota kontingen NTT terdiri dari 27 atlet dan 13 pelatih dan ofisial. Viktor berkomitmen untuk memberikan prestasi yang membanggakan dan mengharumkan nama NTT walau secara fisik mengalami keterbatasan.

"Kami memang terbatas, tetapi Tuhan memberikan talenta kepada kami. Kami tidak boleh berpikir kenapa harus begini, tetapi harus bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan. Kami target meraih 3 emas, 2 perak dan 5 perunggu," ujarnya.

Ia sangat mengharapkan dukungan pemerintah dan masyarakat NTT agar bisa meraih target yang telah ditentukan. "Kiranya dukungan dari pemerintah dan masyarakat kami bisa mencapai target itu. Dengan segala keterbatasan kami siap mengharumkan nama NTT di Bumi Cenderawasih," pungkasnya.

Dengan perolehan ini, NTT saat ini menduduking peringkat kesepuluh di klasemen sementara dengan tiga perak dan lima perunggu. Tuan rumah Papua berada di posisi pertama dengan delapan medali emas, tujuh perak dan lima perunggu. Peringkat kedua ditempati Jawa Barat dengan raihan delapan medali emas, tujuh perak dan tiga perunggu.

Sumatera Utara di peringkat ketiga dengan tujuh emas, lima perak dan satu perunggu. Posisi ini masih aman, karena peringkat keempat yang ditempati Jawa Tengah baru meraih dua medali emas, tiga perak dan empat perunggu. **

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved