Breaking News:

Timor Leste

Timor Leste Beri Penghargaan Tertinggi kepada Mendiang Uskup Baucau Mgr. Basilio do Nascimento

Ordo Timor Leste diberikan kepada Uskup Baucau Mgr Basilio do Nascimento Martins hanya beberapa hari setelah kematiannya

Editor: Agustinus Sape
Tatoli.tl
Prosesi pemakaman mendiang Mgr. Basilio do Nascimento Martins, Uskup Baucau, di Gereja Katedral Baucau Timor Leste, Kamis 4 November 2021. 

Timor Leste Beri Penghargaan Tertinggi kepada Mendiang Uskup Baucau Mgr. Basilio do Nascimento Martins

Ordo Timor Leste diberikan kepada Uskup Baucau Mgr Basilio do Nascimento Martins hanya beberapa hari setelah kematiannya

POS-KUPANG.COM - Presiden Timor Leste Francisco Guterres telah memberikan penghargaan tertinggi negara itu kepada mendiang Uskup Baucau Mgr Basilio do Nascimento Martins, yang meninggal 30 Oktober 2021 karena serangan jantung.

Dia mengatakan Ordo Timor Leste diberikan kepada uskup "atas dedikasinya pada kemanusiaan dan keberaniannya," terutama selama perjuangan kemerdekaan negara itu.

"Penting untuk membuat pengakuan publik ini ... atas dedikasi dan keberanian yang ditunjukkan oleh Uskup Basilio do Nascimento pada saat-saat tertentu dalam perjuangan untuk pembebasan Tanah Air kita," kata presiden dalam dekrit yang dikeluarkan pada 2 November 2021.

Uskup Baucau Timor Leste, Mgr. Basílio do Nascimento
Uskup Baucau Timor Leste, Mgr. Basílio do Nascimento (noticiasaominuto.com/)

Dia juga mengutip kontribusi uskup untuk "mempromosikan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Kristen dalam membela peradaban demi martabat manusia."

Guterres secara khusus menyebutkan bagaimana uskup telah mengadakan pertemuan rahasia dengan para pemimpin pemberontak selama perjuangan kemerdekaan dari Indonesia, sebuah langkah yang ia klasifikasikan sebagai “tindakan berani.”

Orde Timor Leste diperkenalkan pada tahun 2009 untuk menunjukkan pengakuan kepada mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan bagi perjuangan kemerdekaan dan bagi mereka yang berkontribusi pada pekerjaan kemanusiaan.

Baca juga: Timor Leste Berduka, Jenazah Mgr. Basilio do Nascimento Diarak dari Dili Menuju Baucau

Uskup Basílio, uskup paling senior di negara itu, adalah tokoh kunci pada periode sebelum referendum kemerdekaan 1999, dengan komentarnya tentang situasi di Timor Leste yang secara teratur dicari oleh para wartawan.

Uskup Basilio meninggal pada usia 71 pada 30 Oktober di Rumah Sakit Nacional Guido Valadares di Dili setelah serangan jantung.

Jenazahnya saat ini disemayamkan di Katedral St Anthony di Baucau, kota terbesar kedua di negara itu, di mana umat paroki memberikan penghormatan sebelum pemakamannya pada 4 November 2021.

Sumber: ucanews.com

Berita Timor Leste Lainnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved