Sasaran Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten TTU Capai 50 Persen

Hingga akhir Oktober 2021, sasaran Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten TTU telah mencapai 50 Persen.

POS-KUPANG.COM/Dionisius Rebon
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Thomas Laka 

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Thomas Laka menegaskan bahwa, pihaknya telah melakukan vaksinasi masal secara serentak beberapa waktu terakhir pada 26 Puskesmas dan 2 Rumah Sakit di seluruh wilayah Kabupaten TTU.

"Jadi dalam estimasi saya, dalam 3 hari pelaksanaan vaksinasi secara masal ini, menurut saya prosentase capaian masyarakat yang sudah menjadi sasaran vaksinasi kira-kira 50 %," ungkapnya, Kamis, 28/10/2021.

Menurut Thomas, berdasarkan hasil rapat beberapa waktu lalu di Hotel Litani, Kefamenanu, angka vaksinasi di Kabupaten TTU berkisar sekitar 35 persen.

Demi mempercepat pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten TTU, Dinkes TTU menggandeng TNI-Polri dan pihak-pihak terkait melakukan gebrakan 3 hari. 

"Tiga hari kemarin itu untuk mempercepat proses vaksinasi di TTU," ujarnya.

Dikatakan Thomas, dari hasil kesepakatan dalam rapat evaluasi tersebut, sebanyak 26 Puskesmas dan 2 Rumah Sakit di Kabupaten TTU melaksanakan vaksinasi Covid-19 secara serentak selama 3 hari. Dari setiap fasilitas kesehatan tersebut ditargetkan 100-150 sasaran yang harus dicover dalam sehari. 

"Berarti kurang lebih 8000 yang menjadi sasaran vaksinasi dosis satu," tukasnya.

Tidak hanya itu. Dinkes TTU akan menggenjot pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di setiap Puskesmas secara berkala ke depan. 

Ia mengakui bahwa, dalam rapat evaluasi bersama forkopimda dan satgas Covid-19 Kabupaten TTU, pihaknya disarankan agar menyusun jadwal vaksinasi Covid-19 dengan jeda waktu yang cukup.

Baca juga: Akui Pelaksanaan Vaksinasi di TTU Berjalan Lambat, Kadis Kesehatan : Siap Terapkan Strategi Baru

Pasalnya, para nakes yang melakukan vaksinasi Covid-19 tidak hanya menjalankan aktivitas sebagai vaksinator saja tetapi juga menjalankan tugas untuk melayani kesehatan masyarakat. Hal ini bertujuan agar para nakes tidak terkesan diforsir dan kecapaian saat melaksanakan vaksinasi.

"Jadi kemarin itu saran yang masuk adalah rotasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Jadi 26 tidak berjalan serentak setiap hari tetapi, dilaksanakan secara bergantian," beber Thomas

Dia berharap, dalam beberapa pekan ke depan capaian sasaran vaksinasi  terus meningkat demi terbentuknya herd Immunity dalam masyarakat. (CR5)

Berita TTU Lainnya :

Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved