Breaking News:

Berita Belu

Calon Direktur PDAM Belu Jalani Fit and Proper Test

perusahaan sesuai dengan syarat perusahaan yang sehat serta melakukan kegiatan dan tindakan yang terukur

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Calon Direkur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Belu, Ir. Fridolinus Siribein mengikuti Uji Kepatutan dan Kelayakan atau Fit and Proper Test yang dilaksanakan di ruang rapat Bupati Belu, Jumat 29 Oktober 2021. 

Laporan Reporter Pos Kupang. Com, Teni Jenahas

POS KUPANG. COM, ATAMBUA-- Calon Direkur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Belu, Ir. Fridolinus Siribein mengikuti Uji Kepatutan dan Kelayakan atau Fit and Proper Test yang dilaksanakan di ruang rapat Bupati Belu, Jumat 29 Oktober 2021.

Fit and proper test dilakukan Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, Sp.PD-KGEH, FINASIM dan Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM serta dimoderatori oleh Sekda Belu, Johanes A. Prihatin, SE.,M.Si.

Dalam fit and propert test, calon Direktur PDAM Kabupaten Belu, Ir. Fridolinus Siribein memaparkan visi dan misinya serta rencana strategi pengelolaan PDAM.

Frido demikian sapaan calon direktur menekan pada peningkatan kualitas pelayanan air minum bersih kepada masyarakat, pelayanan berbasis digital, manajemen yang bersih dan transparansi serta meningkatkan pendapatan asli daerah. Selain itu, mengoptimalisasi sumber air minum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Bupati Belu menyampaikan Fit and Proper Test ini dilakukan bagi Calon Direktur Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Belu yang sudah memasukkan lamaran dan persyaratan kepada panitia seleksi. 

Baca juga: Kejari Belu Tingkatkan Status Kasus Dana Desa Nunponi-Malaka

Lewat fit and proper test ini dapat memberikan gambaran tentang calon direktur yang mampu mengelola PDAM Belu sejalan dengan visi dan misi pemerintah. 

"Yang dipilih adalah orang yang mampu bekerja, punya hati untuk bekerja, harus memenuhi aspek-aspek kepemimpinan, kemampuan hubungan antar manusia, harus memiliki kemampuan entrepreneurship dalam menjalankan perusahaan sesuai dengan syarat perusahaan yang sehat serta melakukan kegiatan dan tindakan yang terukur", jelas Agus Taolin. 

Lanjut Bupati Belu, seorang direktur harus melihat peluang, memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi dan melakukan inovasi-inovasi yang tepat sesuai dengan kondisi di daerah dan kemapuan keuangan.

Baca juga: Anggota DPR RI, Melki Laka Lena Reses di Desa Kabuna Kabupaten Belu

Diharapkan, dalam waktu jabatan 3 tahun ke depan, calon direktur harus melakukan kegiatan yang terukur dan jika dalam menjabat merasa gagal harus berbesar hati untuk melepaskan jabatan.

Ketua Panitia Seleksi yang Sekda Belu, Johanes A. Prihatin, SE.,M.Si menyampaikan, kegiatan fit and proper test ini merupakan salah satu tahap dari pelaksanaan seleksi calon Direktur PDAM Kabupaten Belu masa bakti 2021-2025.

Jap Prihatin demikian sapaan Sekda Belu menjelaskan, jumlah calon direktur yang mendaftar sampai batas akhir masa pendaftaran hanya satu orang. Dan itu memenuhi syarat sesuai ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri tahun 2007.

Oleh karena itu, Panitia Seleksi yang berjumlah tujuh orang memutuskan untuk melanjutkan tahapan seleksi hingga sampai pada tahap fit and proper test. (*)

 Berita Belu Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved