Berita Manggarai Timur

Wabup Jaghur Serahkan Bantuan 6 Kapal Motor Untuk Nelayan dan Panen Perdana Ikan di Tambak 

kapal fiber yang diberikan merupakan perjuangan dari Bupati dan Wakil Bupati Manggarai untuk mensejahterakan masyarakatnya

Penulis: Robert Ropo | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Wabup Manggarai Timur Drs Jaghur Stefanus sedang menyerahkan bantuan kapal untuk nelayan. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG--Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Manggarai Timur memberikan bantuan 6 unit kapal motor fiber untuk enam kelompok nelayan pada tahun 2021.

Bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati (Wabup) Manggarai Timur Drs Jaghur Stefanus didampingi oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Herman Kodi dan diterima oleh perwakilan kelompok nelayan. 

Penyerahan itu berlangsung di Muara Sungai Wae Bobo, Kecamatan Borong, Rabu 27 Oktober 2021.

Hadir dalam kesempatan itu sejumlah anggota DPRD Kabupaten Manggarai Timur, sejumlah pimpinan OPD, Pemimpin Bank NTT Cabang Borong, Nurchalis Tahir, Pemerintah Kecamatan Borong, Lurah Kota Ndora, Kepala Desa Nanga Labang, perusahaan penyedia yakni Cv Sikka Fiberglass dan sejumlah anggota kelompok nelayan.

Usai menyerahkan bantuan itu, Wabup Jaghur kemudian bersama rombongan menuju kolam ikan Tambak, Desa Nanga Labang, Kecamatan Borong. Wabup Jaghur lalu memanen perdana ikan bandeng di kolam itu.

Dalam sambutannya, Wabup Jaghur meminta kepada perusahan (CV) sebagai pihak penyedia untuk mengadakan kapal itu benar-benar berkualitas.

Baca juga: Kadin Manggarai Timur Susun Program Kerja

"Karena barang ini seumur hidup berada di air laut, sehingga saya minta pihak Penyedia barangnya juga harus benar-benar adakan barang ini kuat sesuai dengan medannya di laut, jangan barang pakai hari ini besok sudah rusak. Yang dibutuhkan itu barang ini tahan lama karena bantuan ini untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat khususnya nelayan itu sendiri,"tegasnya.

Wabup Jaghur juga meminta kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan agar selalu mengawasi keberadaan barang bantuan itu sehingga benar-benar bermanfaat bagi masyarakat penerima maanfaat itu sendiri.

"Karena yang terjadi selama ini, ketika bantuan itu diberikan dan tanda tangan serah terima diatas meterai setelah itu habis, tidak ada pengawasan lagi, sehingga barang itu akhirnya tidak difungsikan dengan baik. Saya minta pak Kadis tolong awasi barang ini,"Ungkapnya.

Wabup Jaghur juga meminta kepada para nelayan penerima bantuan itu, agar memanfaatkan dan menjaga barang bantuan itu dengan baik dan tidak boleh menjualnya. Karena bantuan yang diberikan sebagai upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakatnya.

"Saya minta jaga baik-baik barang yang diberikan ini dan gunakan dengan baik. Tidak boleh jual lagi ke orang lain. Ini bantuan pemerintah untuk mensejahterakan ekonomi bapa/mama,"ungkapnya.

Baca juga: Rumah Terbakar, BPBD Manggarai Timur Beri Bantuan Emergency Untuk Janda Theresia Ja

Wabup Jaghur juga meminta kepada para nelayan yang mendapatkan bantuan itu untuk gunakan kapal itu untuk menangkap ikan dengan baik. Tidak boleh menggunakan bom dalam menangkap ikan.

"Tangkap ikan tidak boleh gunakan bom karena bom merusak terumbuh karang sebagai habitat ekosistem laut. Kamu gunakan kapal ini selain tangkap ikan juga bisa mengawasi ada oknum yang membom ikan dan segera lapor petugas yang berwajib,"pinta Wabup Jaghur dengan tegas.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved