Breaking News:

Berita Lembata

Siswa SMPN 3 SATAP Hamahena Lembata Cari Sinyal di Tepi Gunung Aktif Demi Ujian

kesulitan terbesar yang dialami adalah ketersediaan jaringan internet, disamping fasilitas pendukung seperti handphone dan laptop.

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Siswa sedang mengikuti ujian.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG --Siswa SMPN 3 SATAP Hamahena, Ile Ape Timur, Lembata mengikuti ujian dengan mencari sinyal di lereng gunung Ile Lewotolok yang masih aktif.

Setelah banjir menghantam sekolah yang ditempati, kini para siswa harus kembali mengadu nasib menyusuri lereng gunung Ile Lewotolok untuk mencari sinyal internet guna mengikuti aktifitas ujian.

Sebanyak 18 siswa dari sekolah itu, didampingi para guru melakukan ujian ditepi lereng gunung Ile Lewotolok yang sampai saat ini masih berstatus level tiga siaga.

Dentuman gunung aktif ini terus bergemuruh sepanjang ujian itu berlangsung. Tentu ini akan mengganggu konsentrasi siswa.

"Saya dan teman-teman harus mendaki dari bawah ke atas, jalan dari bawah capeh sekali untuk sampai ketempat yang ada internet, intinya kami bisa ikut ujian," kata Agustina Monika Dai, siswi kelas 9 SMP Satap Hamahena, Selasa 19 Oktober 202 lalu.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Dengan M Jafar SB, Cakades Kalikur Lembata

Monika menceritakan, dari dulu beberapa desa di Kecamatan Ile Ape Timur termasuk beberapa sekolah hidup tanpa ada jaringan internet.

Sehingga kata Monika, mereka selalu terlambat mendapat informasi termasuk pelaksanaan ujian layaknya sekolah yang ada daerah lain.

Selain itu, siswi asal Desa Lamagute ini pun mengeluhkan pelaksanaan ujian yang dilakukan secara daring. Baginya, ujian daring membuat mereka kewalahan.

Selain ketiadaan jaringan internet, dia pun menuturkan bahwa sebagian besar teman-temannya tidak memiliki handphone android, termasuk uang untuk membeli pulsa data.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved