Breaking News:

Berita Nagekeo

Bupati Nagekeo Serahkan Bantuan 10 Ekor Kerbau Guliran kepada Kelompok Mitra di Natatoto

Bupati Nagekeo Serahkan Bantuan 10 Ekor Kerbau Guliran kepada Kelompok Mitra di Natatoto

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Bupati Don menyerahkan ternak kerbau kepada salah seorang anggota kelompok Mitra di Desa Natatoto, Sabtu 23 Oktober 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM, MBAY-Bupati Nagekeo, Johannes Don Bosco Do menyerahkan bantuan berupa 10 ekor ternak kerbau guliran kepada Kelompok Mitra, di Desa Natatoto Kecamatan Wolowae, Kabupaten Nagekeo.

Penyerahan bantuan sapi tersebut dilakukan pada di Sesa Natatoto, Sabtu, 23 Oktober 2021.

Pendistribusian bibit ternak kerbau kepada masyarakat merupakan salah satu kegiatan yang ada di Dinas Peternakan Kabupaten Nagekeo.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Nagekeo melalui Kabid Produksi dan Perbibitan Ternak, Kristoforus Rae, S.Pt. menjelaskan kerbau yang diserahterimakan merupakan bantuan ternak guliran yang diberikan kepada kelompok binaan Dinas Peternakan Kabupaten Nagekeo sebagaimana tertera pada berita acara serah terima pendistribusian bibit ternak kepada masyarakat yakni pendistribusian dari kelompok penerima pertama Kelompok Pama Imu, Desa Natatoto kepada  kelompok baru, kelompok Mitra, Desa Natatoto Kecamatan Wolowae.

Baca juga: Bupati Nagekeo Pimpin Upacara Pelatihan Gada Pratama Satpam Gelombang IV Polda NTT

Menurut Kristoforus, pendistribusian ini merupakan guliran ternak yang kedua. Sebab pertama di tahun 2009 dengan penerimanya adalah Kelompok  Pama Imu sebanyak 12 ekor kerbau terdiri dari 1 ekor kerbau jantan dan 11 ekor betina. Pendistribusian saat itu dengan sistem pembayaran tunai atau diuangkan sebesar Rp. 4,3 juta per ekor.

Dalam rentan waktu tersebut, sebanyak 4 ekor kerbau mati dan tersisa hanya 8 ekor.  Di jelaskan pula terhadap hewan ternak yang mati karena kematiannya yang tidak disengaja dan didampingi oleh petugas peternakan sehingga tidak digantikan atau dilakukan pemutihan sebagaimana sudah tercantum dalam berita acara pada saat itu.

"Hari ini, bantuan ternak guliran tersebut diserahkan kepada  kelompok mitra sebanyak 8 ekor dengan rincian 1 ekor kerbau  jantan dan 7 ekor kerbau betina.  Ke-8  kerbau tersebut dalam keadaan sehat dan lengkap," ungkapnya.

Kristoforus mengatakan, Kelompok  Mitra bersedia bertanggung jawab dalam memelihara dan menjaga ternak bibit dalam jangka waktu sesuai ketentuan sebagaimana tercantum dalam Berita Acara Serah Terima.

Baca juga: Bupati Nagekeo Serahkan Seng untuk Pembangunan Kapela Stasi Santo Paulus Ngera di Keo Tengah

Sementara itu, Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do pada saat itu mengatakan bahwa, petugas poskeswan dan PPD (Pendamping Peternak Desa) harus terus melakukan pendampingan terkait  dengan perkembangan hewan dan kesehatannya serta menginformasikan hal hal apa saja yang perlu di lakukan oleh para  penerima bantuan/peternak."

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved