Breaking News:

Berita Pemprov NTT

Marius Jelamu Sebut Viktor Laiskodat Kuasai Teori dan Praktisi Pembangunan

Hasil disertasi ini tidak hanya untuk ditujukan pada sektor pariwisata, tetapi di berbagai bidang, seperti perikanan, pertanian, perkebunan

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Marius Ardu Jelamu 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM, KUPANG -- Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, tidak hanya sebagai kepala daerah, tetapi juga sebagai politisi, intelektual dan sekaligus sebagai pelaku ekonomi.

Hal ini disampaikan  Staf Ahli Gubernur NTT Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Dr. Jelamu Ardu Marius, Jumat 22 Oktober 2021.

Menurut Marius, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat yang hari ini telah resmi meraih gelar doktor dengan sempurna.

"Gubernur NTT ini bukan saja hanya sebagai kepala daerah saja, tetapi sebagai politisi, intelektual dan sekaligus sebagai pelaku ekonomi," kata Marius.

Baca juga: Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat Raih IPK 3,92 Predikat Terpuji

Dijelaskan, sesuai pemaparan disertasi yang disajikan sangat  lengkap,  yang mana pak gubernur menguasai teori-teori pembangunan, terutama pembangunan pariwisata, pertanian, perkebunan, perikanan, perdagangan, ekonomi kreatif dan lainnya.

"Beliau juga adalah praktisi pembangunan, jadi pak gubernur tidak saja menguasai teori tapi diimplementasikan di lapangan. Beliau juga menguasai gagasan-gagasan teoritis ilmu dan diimplementasikan di dalam pembangunan," katanya.

Dikatakan, disertasi gubernur NTT itu dapat dilihat sebagai disertasi seorang intelektual dan juga pelaku ekonomi dan pelaku pembangunan itu sendiri.

"Jadi secara teoritik beliau menguasai teori-teori pembangunan dan kemudian pada saat yang sama diimplementasikan dalam kebijakan-kebijakan pembangunan. Hasil disertasi ini tidak hanya untuk ditujukan pada sektor pariwisata, tetapi di berbagai bidang, seperti perikanan, pertanian, perkebunan, ekonomi kreatif dan lainnya," ujarnya.

Baca juga: Gubernur NTT Viktor Laiskodat Sambut Wapres di Bandara El Tari Kupang

Dikatakan, dalam disertasinya, juga mengedepankan communty based tourism, jadi pariwisata tidak dimainkan oleh pemilik modal besar, tetapi juga masyarakat mengambil bagian di dalam pariwisata sebagai pelaku.

Nampak diterapkan di Labuan Bajo, Manggarai Barat yang mana penerapan pembangunan pariwisata dengan melibatkan masyarakat sebagai pelaku.(*)

Berita Pemprov NTT Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved