Berita Manggarai Timur

Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Matim Pimpin Sidak Pangan Segar dan Olahan di Kota Komba

tim turun ke lapangan tetap diberikan pencerahan agar membeli sayur buah-buahan ikan basah kering wajib deteksi ciri

Penulis: Robert Ropo | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Kegiatan sidak pangan di pasar Wae Lengga. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG--Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, melakukan inpeksi mendadak (Sidak) pangan segar dan olahan yang dijual para pedagang di pasar Wae Lengga.

Selain itu juga disidak di sejumlah tempat penjualan pangan dan bakso di Kecamatan Kota Komba.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Manggarai Timur, Herman Kodi, menyampaikan itu kepada POS-KUPANG.COM, Jumat 22 Oktober 2021.

Sebelumnya juga kata Herman, Dinasnya juga bersama Dinas Koperindag, Sat Pol PP, Pemerintah Kecamatan Borong dan Kelurahan bersinergi melakukan sidak di pasar Borong dan sekitarnya, Selasa 5 Oktober 2021.

Pihaknya gencar melakukan operasi ini untuk mencegah terjadinya pencemaran pangan segar dan olahan yang dapat merugikan warga.

Lanjut Herman, kegiatan sidak tersebut dilakukan guna mencegah makanan pangan tidak terjadi pencemaran kimia maupun mikroba sehingga layak untuk dikonsumsi.

Baca juga: Peduli Janda Theresia Ja, Golkar Manggarai Timur Sumbang Material Bangunan & Uang Tunai

Sebab keamanan pangan adalah hak asasi secara individu yang wajib dinikmati oleh pengguna pemanfaat pasar Borong tidak hanya beragam bergizi seimbang tidak akan berarti jika makanan yang dikonsumsi masyarajat tidak aman dari cemaran kimia maupun mikroba.

Dikatakan Herman, kegiatan sidak ini dilakukan secara rutin setiap tahun terutama sebelum hari raya besar seperti natal, tahun baru dan lebaran.

Target operasi adalah daging babi, daging sapi, ikan basah, ikan kering, sayur dan buah-buahan serta pangan olahan seperti bakso, mie ayam dan soto seperti sapi, ayam, kambing dan bahan pangan olahan lainya.

"Jadi Tim kita sudah melakukan sidak di Borong dan Kota Komba tidak ditemukan dtemukan sat beracun. Tapi cacatannya bahwa setiap saya maupun tim turun ke lapangan tetap diberikan pencerahan agar membeli sayur buah-buahan ikan basah kering wajib deteksi ciri bila diberi zat beracun,"ungkapnya.

Baca juga: Rumah Terbakar, BPBD Manggarai Timur Beri Bantuan Emergency Untuk Janda Theresia Ja

Herman juga mengatakan, operasi yang sama akan berlangsung di kecamatan Rana Mese dan Kecamatan Lamba Leda Selatan. Sedangkan kecamatan lain akan menunggu menjelang hari raya natal dan tahun baru. (*)
 
Berita Manggarai Timur Terkini

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved