Breaking News:

Berita Belu

Mobil Kir Keliling Dioperasikan di Belu Selama 45 Hari

Mobil uji kir keliling milik Kementerian Perhubungan dioperasikan di Kabupaten Belu terhitung, Selasa 19 Oktober 2021

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Kegiatan Kir kendaraan di Kabupaten Belu, bertempat di Kantor UPT Dinas Perhubungan Provinsi NTT wilayah II, Kabupaten Belu, Selasa 19 Oktober 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM, ATAMBUA - Mobil uji kir keliling milik Kementerian Perhubungan dioperasikan di Kabupaten Belu terhitung, Selasa 19 Oktober 2021. 

Sesuai jadwal, mobil uji kir keliling ini beroperasi selama 45 hari atau sampai dengan 10 Desember 2021.

Diharapkan pemilik kendaraan di Kabupaten Belu memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan uji Kir kendaraannya. 

Harapan ini disampaikan Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belu, Robert Siktus Parera saat ditemui wartawan, Senin 18 Oktober 2021.

Baca juga: Menyedihkan, Kir Kendaraan di Malaka Harus ke TTS dan Kupang

Menurut Siktus, mobil uji keliling yang digunakan untuk melakukan pengujian berkala kendaraan bermotor beroperasi selama 45 hari di Kabupaten Belu

Kegiatan ini dalam rangka pendekatan pelayanan bagi masyarakat pemilik kendaraan. Karena selama ini, pemilik kendaraan melakukan Kir di luar Kabupaten Belu akibat ketiadaan  alat Kir di Kabupaten Belu.

Menurut Siktus, pelaksana Kir selama 45 hari itu bertempat di Kantor Unit Pengelola Teknis (UPT) Dinas Perhubungan Provinsi NTT wilayah II, Kabupaten Belu.

Kendaraan yang wajib dilakukan uji Kir yaitu kendaraan angkutan penumpang dan barang. Seperti kendaraan bus, travel, taxi, truk dan pikap. 

Kata Siktus, biaya Kir sebesar Rp 125 ribu sesuai dengan peraturan daerah. Jumlah itu bagi kendaraan yang tidak menunggak. 

"Tarif KIR itu disesuaikan dengan Perda yang ada. Biaya sekali KIR itu 100 ribu rupiah ditambah biaya kartu BLUe sebesar 25 ribu rupiah. Itu bagi kendaraan yang KIR berkalanya dilakukan secara normal. Sedangkan kalau yang denda, itu tergantung dari berapa lama keterlambatannya, itu yang akan dihitung", jelas Siktus. 

Lanjutnya, uji Kir itu merupakan kegiatan pemeriksaan bagian atau komponen kendaraan yang mencakup pemeriksaan persyaratan teknis kendaraan, pengujian laik jalan  kendaraan dan pemberian tanda lulus uji berkala. 

Bagi kendaraan yang lulus uji berkala akan diberikan kartu BLUe atau Bukti Lulus Uji Elektronik yang berlaku selama 6 bulan. (*) 

Baca Berita Belu Lainnya

 
 

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved