Breaking News:

Berita Manggarai Timur

Jaga Pilkades Damai, Pemerintah Kecematan Cibal Barat Gelar Deklarasi Damai

Sebanyak 7 desa dari 10 desa yang ada di wilayah Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai, akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Perio

Penulis: Robert Ropo | Editor: Ferry Ndoen
pk/robert ropo
Kegiatan Deklarasi Pilkades Damai. 

Jaga Pilkades Damai, Pemerintah Kecematan Cibal Barat Gelar Deklarasi Damai

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | RUTENG----Sebanyak 7 desa dari 10 desa yang ada di wilayah Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai, akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Periode 2021-2027 pada tanggal 11 November 2021. Sebanyak 21 Calon Kades yang sudah ditetapkan untuk ikut bertarung di 7 desa itu.

Karena itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan dalam proses Pilkades, Pemerintah Kecamatan Cibal Barat pada tanggal 15 September 2021 telah berinisiatif mengundang Semua Calon Kades, Ketua Panitia, Ketua Tim Pemenangan dan para Penjabat kepala Desa melakukan Deklarasi bersama di Kantor Kecamatan Cibal Barat.

Camat Cibal Barat, Karolus Mance, S.Sos.,MM menyampaikan itu kepada POS-KUPANG.COM, Selasa 19 Oktober 2021.

Camat Mance menjelaskan, adapun deklarasi itu memiliki 4 poin pernyataan sikap bersama-sama yaitu pertama setiap tahapan proses wajib mentaati Protokol Kesehatan. Kedua, siap menang dan siap kalah. 

Ketiga, kampanye Damai. Dan keempat, siap menerima sanksi sesuai peraturan Perundang-undangan  apabila melanggar poin 1, 2 dan 3. 

"Deklarasi ini dibacakan bersama dan di tanda tangani oleh semua Cakades dan Tim Pemenangan bersama Forum pimpinan Kecamatan Cibal Barat,"jelasnya.

Dikatakan Camat Mance, karena itu sampai saat ini pada masa kampanye  hasil pemantauan oleh panitia kecamatan belum ada pelanggaran dan semua berjalan dalam semangat kekeluargaan. 

"Harapan saya selaku camat agar suasana yang kondusif  dalam semangat ase kae (kekeluargaan) ini tetap terjaga sampai pada hari pelaksanaan pemilihan tanggal 11 November nanti,"ungkapnya.

Camat Mance juga menegaskan, pemerintah kecamatan akan mengkawal seluruh tahapan dan memastikan semuanya berjalan dalam koridor aturan dan mengambil tindakan yang terasa apabila ada oknum atau  kelompok orang yang mencerdai proses demokrasi yang penuh humanis di kecamatan Cibal Barat. (*)

Berita Manggarai Timur Lainnya :

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved