Breaking News:

Berita Sumba Timur

Potensi Non Aktif Sejak 1 Oktober, Warga Sumba Timur Diminta Cek & Aktifkan Kembali Kartu KIS PBI

terdaftar di Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) untuk memastikan ketepatan sasaran penyaluran bantuan sosial

Penulis: Ryan Nong | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/RYAN NONG
Peserta melakukan re-aktivasi kartu KIS PBI di Kantor BPJS Kesehatan Waingapu Sumba Timur.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong 

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU -- Warga Kabupaten Sumba Timur diminta untuk mengecek dan mengaktifkan kembali Kartu Indonesia Sehat - Penerima Bantuan Iuran (KIS-PBI) masing masing.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor BPJS Kesehatan Waingapu, Safrizal, menyusul terbitnya data potensi Non Aktif kartu PBI Jaminan Kesehatan. 

Safrizal mengatakan, terdapat sebanyak 17.958 penerima bantuan iuran jaminan kesehatan(PBI JK) di Sumba Timur berpotensi non aktif sejak 1 Oktober 2021. Hal tersebut ditetapkan Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Penetapan SK 92/HUK/2021.

Potensi Non aktif PBI  JK itu diperoleh setelah Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan pemutakhiran data secara periodik dan sistematis. 

Kemensos melakukan pemadanan data penerima bantuan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdaftar di Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) untuk memastikan ketepatan sasaran penyaluran bantuan sosial. 

Baca juga: DPD Golkar Sumba Timur Akan Gelar Vaksinasi Massal Hingga Pelosok Desa

Safrizal menjelaskan, sesuai dengan Permensos 21 tahun 2019 pasal 8, PBI Kesehatan yang telah dihapuskan paling lama 6 bulan sejak penetapan penghapusan dikeluarkan, dapat dilakukan pengaktifan kembali atau re-aktivasi dengan persyaratan utama layak membutuhkan layanan kesehatan. 

Safrizal menjelaskan, warga dapat menempuh empat langkah untuk mengaktifkan kembali kartu PBI masing masing. 

Pertama, jelas dia, peserta dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (Chika) atau datang ke Kantor BPJS Waingapu untuk mengetahui status kepesertaan PBI JK. 

Kedua, apabila status kepesertaan diketahui tidak aktif maka peserta melaporkan diri ke Dinas Sosial Kabupaten Sumba Timur dengan membawa kartu JKN KIS , Kartu Keluarga dan E-KTP. 

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved