Breaking News:

Berita Manggarai Timur

Begini Penjelasan Bupati Agas Andreas Terkait Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021

dengan langkah-langkah antisipasi pencegahan dan penanganan ancaman bencana alam yang mungkin muncul di akhir tahun ini. 

Penulis: Robert Ropo | Editor: Rosalina Woso
ISTIMEWA/POS-KUPANG.COM
Sidang paripurna XVI DPRD Kabupaten Manggarai Timur. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG--Bupati Manggarai Timur (Matim),  Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Agas Andreas, SH,M.Hum menghadiri rapat paripurna XVI dengan dua agenda pembahasan yaitu, penyampaikan nota pengantar dua buah rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif DPRD Kabupaten Manggarai Timur masa sidang I (Satu) tahun sidang 2021/2022

Selain nota pengantar, ada juga penandatanganan berita acara persetujuan penetapan Ranperda perubahan APBD Kabupaten Manggarai Timur tahun anggaran 2021 menjadi peraturan daerah antara DPRD dan  Bupati Manggarai Timur.

Rapat ini berlangsung di ruang sidang utama DPRD Matim di Lehong, Selasa 12 Oktober 2021 malam.

Sesuai rilis yang diterima POS-KUPANG.COM, Jumat 16 Oktober 2021, Bupati Agas Andreas,SH.,M.Hum dalam sambutannya menyampaikan, perubahan APBD Tahun Anggaran 2021 ini tidak seperti pada perubahan APBD tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Firman Demorin Nakodahi Kadin Manggarai Timur

Menurutnya, disebabkan oleh perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi KUA induk.

Keadaan itu yang menyebabkan SILPA tahun anggaran sebelumnya harus digunakan dalam tahun anggaran berjalan. 

"Keadaan yang mengharuskan dilakukan pergeseran APBD, namun lebih banyak sesuai arahan peraturan yang lebih tinggi untuk melakukan penyesuaian alokasi anggaran dalam rangka dukungan pendanaan belanja kesehatan penanganan pandemi COVID-19 dan dampaknya serta belanja prioritas kesehatan lainnya,"jelasnya.

Bupati Agas menjelaskan, ada beberapa tambahan belanja perioritas dan mendesak yang perlu ditampung pada perubahan APBD tahun 2021 ini seperti seleksi CPNS.

Baca juga: Anak Menderita Stunting, Orang Tua di Manggarai Timur ini Minta Keringanan Biaya Saat Pengobatan

Termasuk mengakomodir kembali belanja hibah rumah-rumah ibadah yang selama 2 tahun tertunda akibat rasionalisasi dan refocusing anggaran dan terkait juga dengan langkah-langkah antisipasi pencegahan dan penanganan ancaman bencana alam yang mungkin muncul di akhir tahun ini. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved